Djoko Suyanto Jamin Papua Aman Intervensi AS

Menkopolhukam Djoko Suyanto kunjungi Hasan Tiro
Sumber :

VIVAnews - Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Djoko Suyanto, memastikan bahwa pangkalan militer Amerika Serikat (AS) di Darwin, Australia, sudah lama ada. Dan keberadaan pangkalan itu tidak terkait dengan Indonesia apalagi Papua.

"Itu sejak lama, itu bukan pangkalan baru, Austarlia sekutu terdekan AS, dalam persekutuan tentu ada persetujuan bilateral antara AS dan Australia," kata Djoko saat rapat kerja dengan tim monitoring Papua dan Papua Barat di Gedung DPR, Jumat 25 November 2011.

Dijelaskan Djoko, bahwa pertemuan bilateral antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan Obama di Bali, tidak ada pembicaraan soal intervensi kedua negara terhadap Papua, khususnya Freeport.

"Obama mengakui Papua secara eksplisit merupakan wilayah NKRI. Keberadaan pangkalan AS di Australia dalam rangka latihan bersama," katanya.

Sementara pertemuan bilateral itu jauh lebih banyak membahas bagaimana hubungan negara ASEAN dengan Asia Timur.

"Jadi tidak ada intervensi. Kalau melihat pertemuan kedua negara di Bali, saya tidak percaya ada intervensi asing di Papua dan Freeport," katanya. (umi)

Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia
Tim Penyelamat Evakuasi Korban di Gedung Konser Moskow (Doc: X)

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow

Amerika Serikat (AS) disebut toleh Rusia elah mengambil tindakan terburu-buru dengan menyalahkan kelompok teror ISIS, atas teror di Moskow.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024