Krisis, Ford Eropa Rumahkan 4.000 Pekerja

Ford Fiesta saat dikenalkan di Thailand
Sumber :
  • Ford Indonesia

VIVAnews - Perusahaan mobil asal Amerika Serikat, Ford Motor Co, akan menghentikan sementara 4.000 pekerja pada tahun depan di pabrik perakitan di Valencia, Spanyol, menyusul melambatnya permintaan mobil di Eropa. Pabrik ini mempekerjakan 6.200 orang.

Adrian Schmitz, juru bicara Ford untuk Eropa mengatakan, perusahaan akan memberi cuti panjang bagi karyawan selama 39 hari. "Penurunan permintaan akan terjadi di seluruh industri di Eropa pada tahun depan," kata Schmitz, seperti dilaporkan Automotive News, Senin 28 November 2011

Juergen Pieper, analis transportasi Bankhaus Metzler yang berbasis di Frankfurt mengatakan, rencana Ford menururunkan produksi merupakan indikasi permintaan yang melemah, dan mungkin saja prosusen lain akan melakukan hal yang sama. "Ini akan menyebabkan pemotongan pekerja yang lebih banyak lagi," katanya.

Pabrik perakitan hatchback Ford Fiesta akan berhenti pada tahun depan, dengan produksi beralih ke kendaraan sport kompak Kuga. El Economista melaporkan, PHK di pabrik ini akan mengurangi produksi hingga 34 persen.

Tak cuma Ford, PSA Peugeot-Citroen juga akan menghentikan 3.500 pekerja, sementara Renault SA dan General Motors Co mengumumkan penghentian sementara beberapa produksi di Perancis dan Spanyol.

Ford telah menyusul Fiat tahun ini untuk menjadi produsen mobil kelima terbesar di Eropa. Dalam data Asosiasi Produsen Mobil Eropa (ACEA), Ford mengalami peningkatan penjualan kendaraan hingga 6,4 persen pada Oktober lalu. Kenaikan ini berlawanan dengan pasar yang menyusut 1,4 persen dibandingkan tahun lalu.

Penjualan kendaraan di Spanyol jatuh 6,7 persen, merupakan tertinggi di antara lima pasar mobil terbesar di Eropa. (umi)

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024