KPU Mesir Salah Hitung Hasil Pemilu

Seorang ibu memilih pada pemilu pertama Mesir November 2011
Sumber :
  • REUTERS/Amr Abdallah Dalsh

VIVAnews - Jumlah suara yang masuk dalam pemilu Mesir ternyata lebih sedikit dibandingkan yang sebelumnya diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) negara tersebut. KPU Mesir mengakui ada kesalahan dalam perhitungan suara awal.

Sebelumnya, KPU menyebutkan suara yang telah masuk berjumlah 62 persen, namun dalam penghitungan ulang ternyata hanya 52 persen. "Presentase yang akurat pada tahap pertama adalah 52 persen, bukan 62 persen," kata Abdel Moez Ibrahim, kepala KPU, kepada Aljazeera, Senin 5 Desember 2011.

Hasil tersebut adalah hasil pemilihan suara pada 28 November pekan lalu. Dia mengakui bahwa kesalahan terletak pada kecerobohan petugas KPU yang disebutnya sudah sangat kelelahan.

Kiprah Ninja Xpress Jadi 'Teman' UMKM Bantu Naik Kelas

Sementara itu, warga Kairo yang belum melakukan pemungutan suara, kembali memadati berbagai tempat pemilihan kemarin. Namun, kerumunan tidak sebanyak seperti pemilihan minggu lalu. Menurut Aljazeera, hal ini dikarenakan banyak yang tidak mendapatkan libur kerja di hari Senin.

Pemungutan suara tersebut juga dilakukan di delapan provinsi lainnya di Mesir. Perolehan suara sementara, dua partai berbasis Islam, Partai Kebebasan dan Keadilan (FJP) bentukan Ikhwanul Muslimin dan partai Nour memperoleh suara mayoritas.

Perolehan suara sementara, FJP memperoleh 36,6 persen dari total 9,7 juta suara, sementara partai Nour memperoleh 24,4 persen suara. Namun, belum dapat diprediksi apakah mereka akan memperoleh kemenangan yang sama dalam dua putaran berikutnya.

Masih ada dua tahapan pemilu lagi yang akan digelar di 18 provinsi di Mesir dalam beberapa bulan ke depan. Melihat peroleh sementara ini, parlemen Mesir sepertinya akan dipenuhi oleh para bekas oposan Hosni Mubarak. Sebelumnya, Ikhwanul Muslimin adalah gerakan Islam yang dilarang oleh Mubarak karena dinilai subversif. (eh)

Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri (JLM)

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM).

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024