DUNIA

AS Beri Indonesia Pretelan 6 Pesawat F-16

Indonesia sudah seharusnya memiliki pesawat tempur yang canggih.
Kamis, 8 Desember 2011
Oleh : Eko Huda S
Pesawat Jet F-16

VIVAnews - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Scot Marciel, menilai Indonesia sangat diuntungkan dengan hibah 24 unit jet tempur F-16 dari negaranya.

"Kami rasa dengan pesawat tempur F-16 tersebut biaya pemeliharaan atau perawatannya jauh lebih murah ketimbang harus membeli produk baru," kata Merciel, di sela-sela pertemuan "Bali Democracy Forum (BDF)" IV di Nusa Dua, Bali, Kamis 8 Desember 2011.

Menurut dia, pesawat-pesawat itu akan dikirim jika pembicaraan antara Amerika dan Indonesia telah selesai. Namun, dia tidak menyebutkan sejauh mana pembicaraan kedua negara terkait proses hibah 24 jet tempur bekas ini. "Kalau itu sudah selesai maka pesawat tersebut segera dikirim ke Indonesia," ucap Merciel.

Dia menambahkan, selain menghibahkan 24 pesawat F-16 bekas tersebut, Amerika juga akan memberikan enam pesawat sejenis. Namun, keenam pesawat itu tidak dalam bentuk utuh, melainkan berupa bagian-bagiannya saja.

"Kesepakatan pemerintah kami untuk memberikan F-16 dalam bentuk hibah sebanyak 24 unit. Sedangkan bantuan enam unit tambahan lagi bisa diambil suku cadangnya untuk pemeliharaan pesawat lain," katanya.

Marciel mengatakan, sudah seharusnya Indonesia memiliki pesawat tempur yang canggih, karena wilayahnya yang cukup luas dan strategis. "Maka harus memiliki peralatan tempur yang bagus untuk menjaga dan mempertahankan bangsa dan negara."

Laporan: Bobby Andalan l Bali

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found