China Tangkap 608 Tersangka Pedagang Anak

Ah Long Anak Penderita AIDS di China
Sumber :
  • Anak Penderita AIDS di China

VIVAnews - Kepolisian China berhasil membongkar dua sindikat perdagangan anak setelah menyelidiki selama enam bulan. Sebanyak 608 tersangka dibekuk dan 178 anak dibebaskan.

"Kami berusaha menerapkan kebijakan toleransi nol terhadap perdagangan anak. Kebijakan ini lebih mengincar pangsa pasar pembeli anak," demikian kata Kementerian Keamanan Masyarakat dalam sebuah pernyataan, seperti disiarkan stasiun berita CNN, 8 Desember 2011.

"Kami akan meyakinkan para pembeli kehilangan uang mereka dan tak mendapatkan anak-anak yang mereka beli. Dengan ini, kami berharap bisa memberantas sindikat dari akarnya dengan mengurangi permintaan jumlah anak," lanjut Kementerian.

Sejak pemerintah Negeri Tirai Bambu meluncurkan kampanye anti perdagangan anak pada April 2009, sekitar 50 ribu tersangka ditangkap. Sebanyak 18 ribu anak dan 35 ribu wanita korban perdagangan berhasil diselamatkan.

Operasi pembongkaran sindikat kali ini disebut-sebut merupakan operasi paling sukses sejak kampanye tersebut diluncurkan. Penyelidikan terhadap sindikat perdagangan anak dimulai Mei lalu, saat sebuah kecelakaan tanpa diduga mengarahkan kepolisian provinsi Sichuan ke jaringan sindikat yang dipimpin pria bernama Cai Lianchao.

Bulan Agustus, kepolisian provinsi Fujian mengendus jejak sindikat lain pimpinan wanita bernama Chen Xiumei. Setelah mengumpulkan barang bukti, dikerahkanlah 5000 polisi di sepuluh provinsi untuk memulai penyelidikan berskala nasional sebelum akhirnya para pelaku dibekuk pekan lalu.

Anak-anak yang berhasil dibebaskan ditempatkan di panti asuhan, sementara polisi masih melacak keluarga mereka. Diduga mereka adalah korban penculikan di beberapa provinsi di China. Beberapa anggota polisi wanita ikut terlibat dalam proses pemulihan anak-anak, yang beberapa di antaranya terserang sakit. (ren)

Arema FC Langsung Tatap Laga Lawan PSS 
Kecelakaan beruntun akibat truk yang ugal ugalan terjadi di Gerbang Tol (GT) Halim, Jakarta Timur, Rabu 27 Maret 2024.

Polisi Bongkar Sifat Sopir Truk Ugal-ugalan yang Sebabkan Kecelakaan di GT Halim

Polisi mengaku masih kesulitan memeriksa sopir ugal-ugalan yang menyebabkan kecelakaan beruntun di gerbang tol Halim.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024