Islandia Akui Kedaulatan Palestina

Bendera Palestina.
Sumber :
  • Reuters/Yannis Behrakis/Files

VIVAnews - Islandia akan menjadi negara Barat pertama yang mengakui kedaulatan Palestina sebagai sebuah negara. Keputusan itu akan disahkan hari ini oleh Menteri Luar Negeri Islandia, Ossur Skarphedinsson.

Rabu kemarin, 14 Desember 2011, Skarphedinsson mengadakan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Palestina, Riad Malki, yang sedang melakukan lawatan tiga hari ke Islandia. Diberitakan harian Der Standard, Islandia menyatakan mendukung Palestina untuk mendapatkan keanggotaan penuh PBB.

Dua pekan lalu, parlemen Islandia telah memberi lampu hijau untuk mengadakan hubungan diplomatik dengan negara Palestina. Dengan ini, Islandia akan menjadi negara Eropa sekaligus negara Barat pertama yang mengakui kemerdekaan Palestina.

Selama ini, status Palestina sebagai sebuah negara diakui oleh ratusan negara di dunia, kecuali Amerika Serikat dan kebanyakan negara Barat. Pengakuan yang sama juga masih dicari pemerintahan Mahmoud Abbas dari negara-negara Baltik seperti Estonia, Latvia, dan Lithuania sejak Uni Soviet bubar pada 1991.

Saat ini, Palestina masih berjuang memperoleh pengakuan dari PBB. Pada Selasa lalu, negara yang lama berperang dengan israel ini resmi menjadi anggota UNESCO. (kd)

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024