Pemimpin Korea Utara Kim Jong-il Meninggal

Pemimpin KOrut, Kim-jong-il
Sumber :
  • Reuters

VIVAnews - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-il, dilaporkan meninggal pada Sabtu 17 Desember 2011, pukul 08.30 pagi waktu setempat. Kematiannya baru diungkapkan ke publik pada Senin, 19 Desember 2011. Dia dilaporkan tewas di kereta, dalam sebuah perjalanan dinas kenegaraan.

Seperti diberitakan Reuters, berita kematian Jong-il disampaikan secara haru di stasiun televisi milik pemerintah Korut. Mengenakan pakaian serba hitam, pembaca berita mengatakan pemimpin 69 tahun ini meninggal akibat kelelahan fisik dan mental dalam mengemban tugas negara.

Jong-il dikatakan tewas dalam kereta ketika hendak menuju suatu tempat. Dia kala itu akan bertugas memberikan petunjuk bagi orang-orangnya di lapangan. Sebelumnya, Jong-il juga pernah terkena stroke pada 2008 lalu, dan sempat absen beberapa bulan.

Beberapa bulan lalu, Jong-il telah menunjuk putra bungsunya Kim Jong-un, yang berusia 20an, sebagai penerus rezim komunis Korea Utara. Kematian Jong-il ini akan meninggalkan duka mendalam di tengah-tengah rakyat Korea Utara.

Menjabat sejak 1994 menggantikan ayahnya Kim Il-sung, sosok Jong-il dianggap seperti dewa oleh rakyat Korea Utara. Hal ini berkat kerja propaganda rezim itu yang diterapkan pada seluruh rakyat sedari mereka kecil.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024