Iran: AS Tak Berhak Ikut Campur soal Hormuz

Selat Hormuz, jalur minyak dunia di Iran.
Sumber :
  • Reuters/Xinhua

VIVAnews – Isu Selat Hormuz semakin memperkeruh hubungan Iran dengan Amerika Serikat. Iran menegaskan, Negeri Paman Sam tak berhak mengomentari apapun tindakan yang mereka ambil terhadap Selat Hormuz.

“AS tidak memiliki kapasitas untuk menentukan apa yang harus kami lakukan terhadap Selat Hormuz,” kata Wakil Komandan Pasukan Revolusi Iran, Hossein Salami, seperti dimuat kantor berita Reuters, 29 Desember 2011. Menurutnya, ancaman terhadap Iran sudah seharusnya dibalas dengan ancaman pula.

Beberapa waktu lalu, Wakil Presiden Iran mengutarakan rencananya untuk menutup Selat Hormuz apabila Iran dilarang mengekspor minyak mentahnya sebagai bagian dari sanksi Prancis, Jerman, dan Inggris. Ketiga negara ini memang berniat menjatuhkan sanksi kepada Iran, karena menilai Iran kurang bekerjasama dalam program nuklir.

Iran pun bereaksi keras terhadap rencana sanksi tersebut. “Kami tak akan berhenti melanjutkan langkah apapun yang menurut kami strategis jika kepentingan Iran dikacaukan dengan cara apapun,” ujar Salami. Bukan kali ini saja Iran mengancam akan menutup Selat Hormuz. Ancaman yang sama juga pernah dilontarkan mereka pada tahun 2008 dan 2010.

Saat ini, Iran masih terus menggelar latihan militernya di dekat Selat Hormuz guna mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan serangan yang muncul, utamanya dari AS dan Israel yang tidak bersepakat dengan Iran soal program nuklir Iran.

Selat Hormuz yang berlokasi di antara Teluk Oman dan Teluk Persia bernilai strategis karena menjadi jalur lalu lintas perdagangan minyak bumi dan gas alam. Jika selat ini ditutup, maka harga minyak dunia akan melonjak dan perekonomian dunia akan terganggu. (eh)

5 Film Romantis Berlatar Perang Dunia II, Kisah Cinta di Tengah Kekacauan
Menteri ATR/Kepala BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

AHY Wanti-wanti Prabowo Usai Bertemu Cak Imin

Ketua Umum Partai Demokrat AHY merespons pertemuan Prabowo Subianto dengan Cak Imin di kantor DPP PKB, Rabu. AHY memberikan peringatan ke Prabowo

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024