VIDEO: Hotel 30 Lantai Dibangun 360 Jam

China bangun gedung 30 lantai dalam waktu 15 hari
Sumber :
  • Daily Mail

VIVAnews -- Di masa lalu, China terkenal dengan sebutan "Tirai Bambu", tertutup dari dunia luar dan terbelakang. Namun, di abad ke-21, ia menjadi negara maju, "superkomputer", dengan kekuatan ekonomi yang super juga. Membuat iri negara lainnya.

Bahkan, sekarang, China bisa mengklaim gelar yang lain, sebagai pembangun gedung tercepat di muka bumi, dengan keberhasilannya membangun gedung 30 lantai, dengan luas 183.000 kaki kubik, hanya dalam waktu 15 hari atau 360 jam.

Hebatnya, pembangunan gedung yang terletak di Kota Changsa diselesaikan tanpa ada pekerjanya yang luka, apalagi tewas.

The Ark Hotel -- nama gedung itu, dibangun di kawasan Danau Dongting, Provinsi Hunan, oleh perusahaan konstruksi China, Broad Group yang memiliki spesialisasi arsitektur berkelanjutan (sustainable).

Gedung ini diklaim tahan gempa hingga kekuatan 9 skala Richter atau lima kali lebih tahan gempa dari gedung konvensional lainnya, berdasarkan tes yang dilakukan China Academy of Building Research.

Semua material di-prefabrikasi dan bagian-bagiannya dibuat khusus, mirip knock down, sehingga hanya sedikit yang terbuang menjadi sampah. Para pekerja membutuhkan waktu 46 jam untuk mengerjakan komponen struktur utama, 90 jam lainnya untuk menyelesaikan bagian dalam bangunan.

Seluruh struktur bangunan dibuat dari bahan kedap suara dan tahan panas. Bangunan bahkan memiliki monitor kualitas udara di setiap kamar, untuk mengetahui tingkat polusi udara, yang jadi permasalahan besar di China.

Rekor mengagumkan yang dicetak China sebelumnya, adalah membangun gedung 15 lantai dalam waktu 6 hari. Namun pencapaian kali ini lebih impresif. (Daily Mail)

Lihat videonya di sini.

Baca juga: China Bangun Hotel 15 Lantai dalam 6 Hari!

Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients
Prabowo Subianto

Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping

Menteri Pertahanan juga pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto akan mengunjungi Beijing China, pada 31 Maret-2 April 2024. Prabowo dijadwalkan bertemu Presiden Xi Jinping

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024