Tentara AS Kencingi Mayat Taliban

Video tentara AS mengencingi mayat anggota Taliban di Youtube
Sumber :
  • Youtube

VIVAnews - Korps Marinir Amerika Serikat dicoreng namanya oleh beredarnya video yang menampilkan para tentara mereka tengah mengencingi mayat anggota Taliban. Pentagon saat ini tengah menyelidiki rekaman tersebut.

Seperti diberitakan USA Today, Rabu 11 Januari 2011, video berdurasi 40 detik itu diunggah di YouTube pada Selasa lalu. Dalam video, terlihat empat orang tentara AS yang mengenakan seragam tempur Marinir berdiri di atas tiga mayat, yang dalam video dikatakan sebagai mayat anggota Taliban.

Sambil bersenda gurau, mereka berempat membuka ritsleting dan langsung mengencingi mayat-mayat itu. Pada akhir video, salah satu tentara AS berkata ke arah mayat yang bersimbah darah, "Semoga harimu menyenangkan,  sobat."

Tidak diketahui kapan dan di mana video ini diambil. Namun tertera dalam catatan bahwa para tentara itu adalah anggota tim penembak jitu di Batalion ke-3, Marinir ke-2, dari Camp Lejeune di North Carolina. Para tentara mengenakan perangkat tempur lengkap, dengan granat, dan senjata laras panjang di tangan.

Pihak Pentagon mengaku terkejut dan mengatakan bahwa hal tersebut tidak sesuai dengan nilai-nilai yang mereka anut. Dalam pernyataannya, Pentagon mengatakan saat ini tengah mencoba mencari tahu keaslian video itu.

Soal Konflik Israel-Iran, Airlangga Cermati Dampak ke Sektor Logistik Minyak Mentah Dunia

"Aksi dalam video tidak konsisten dengan nilai-nilai inti kami dan tidak mewakili karakter dari Korps Marinir. Masalah ini akan diselidiki sampai tuntas," demikian bunyi pernyataan Pentagon. (eh)

Pengakuan Jay Idzes soal Lemparan Maut Pratama Arhan
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

LSI merilis temuan terbarunya terkait dinamika Pemilu 2024, salah satunya tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Jokowi mengalami kenaikan, yakni 76,2 persen.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024