Es Krim Haagen-Dazs Haram di Israel

Makan es krim
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Pecinta es krim di Israel harus merelakan salah satu merek favorit mereka, Haagen-Dazs, ditarik dari pasaran. Pasalnya, majelis rabbi di negara tersebut telah memberikan status tidak kosher alias haram bagi semua produk es krim Haagen-Dazs.

Dilansir dari Telegraph, Minggu 15 Januari 2011, status haram dijatuhkan majelis rabbi Israel atau Kashrut pekan lalu. Menurut mereka, susu murni yang digunakan untuk es krim Haagen-Dazs dianggap tidak dapat dikonsumsi oleh warga Yahudi.

Menurut hukum Talmud, susu yang diproduksi oleh non-Yahudi hanya dapat dikonsumsi jika dibuat di bawah pengawasan rabbi. Hal ini untuk memastikan agar susu tersebut tidak berasal dari binatang non-kosher.

Di antara binatang tidak kosher adalah kelinci, unta, hyrax dan babi. Daging dan semua turunan makanan dari binatang-binatang ini terlarang untuk dimakan oleh kaum Yahudi.

Hasil Pertandingan Persik Kediri Vs PSS Sleman, 8 Gol dan 1 Kartu Merah

Kashrut menegaskan bahwa supermarket yang tetap menjual Haagen-Dazs setelah keluarkan peringatan maka dianggap membangkang. "Jika manajemen toko dan cabangnya tetap bersikeras menjual produk tersebut, maka izin kashrut akan dicabut, berdasarkan hukum," tulis pernyataan Kashrut. Izin kashrut adalah semacam pernyataan bahwa toko tersebut kosher atau layak bagi Yahudi.

Warga Israel sebagian besarnya adalah Yahudi taat yang patuh pada hukum Talmud. Dengan peringatan ini dapat dipastikan pemasukan Haagen-Dazs di negara ini menurun drastis. Menurut Telegraph, setiap tahunnya warga Israel menghabiskan 30 juta poundsterling untuk membeli es krim.

Jaringan supermarket terbesar Israel, Shufersal, telah menarik semua produk Haagen-Dazs dari 270 toko mereka. Manajemen Shufersal mengatakan mereka tidak akan lagi menjual produk tersebut di masa depan. (umi)

Wakil Menteri Rertahanan dan pihak militer Rusia Timur Ivanov ditangkap atas kas

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Wakil Menteri Pertahanan dan pihak militer Rusia Timur Ivanov telah ditangkap karena dicurigai menerima suap, kata pejabat investigasi negara. Penahanan tingkat tinggi in

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024