DUNIA

25-1-1971: Idi Amin Jadi Penguasa Uganda

Dia seorang mantan petinju yang akhirnya tampil sebagai presiden di Uganda

ddd
Rabu, 25 Januari 2012, 08:45
Idi Amin
Idi Amin (REUTERS)

VIVAnews - Pada 41 tahun yang lalu, panglima angkatan bersenjata Uganda, Jenderal Idi Amin, mengkudeta Presiden Milton Obote. Kudeta Amin ini dilakukan saat Obote berada di luar negeri untuk menghadiri Konferensi  Negara-negara Persemakmuran.

Menurut laman stasiun televisi BBC, tidak lama setelah pengumuman kudeta, Amin mengerahkan tentara dan tanknya ke jalan-jalan di ibukota Kampala. Bandara Entebbe dan sejumlah jalan utama di negara Afrika tersebut ditutup serta dijaga ketat oleh tentara.

Idi Amin adalah seorang mantan petinju yang karir militernya meningkat pesat di bawah rezim Obote. Sebelum dikudeta, banyak rakyat yang tidak puas dengan kepemimpinan Obote.

Di bawah pemerintahannya, korupsi merajalela di berbagai lembaga pemerintah. Uganda sendiri terancam perang saudara akibat politik diskriminasi Obote yang lebih mementingkan daerah asalnya.

Sejak tersingkir dari Uganda, Obote memutuskan tinggal di Tanzania. Idi Amin sendiri hanya sempat menjabat presiden selama delapan tahun. Pada tahun 1979, pemberontak Uganda dibantu tentara Tanzania berhasil mengkudeta Amin.

Setahun kemudian, Milton Obote kembali berkuasa setelah memenangkan pemilu presiden tahun 1980. Namun masa pemerintahan keduanya tidak lama karena lima tahun kemudian militer Uganda kembali melakukan kudeta yang menaikkan Yoweri Museveni ke tampuk kekuasaan.

Idi Amin lalu mengasingkan diri ke Libya dan akhirnya Arab Saudi. Dia wafat pada 16 Agustus 2003 setelah menderita gagal ginjal. Dia dimakamkan di Jeddah, Arab Saudi.

 



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id