DUNIA

FOTO: Pesawat Mata-mata AS Jadi Mainan Iran

Satu miniatur disisakan untuk orang nomor satu di AS, Barack Obama.
Sabtu, 28 Januari 2012
Oleh : Elin Yunita Kristanti
Pesawat mata-mata AS di tangan Iran

VIVAnews -- Rak toko mainan di Teheran menyisihkan ruang untuk barang baru, yang bentuknya bakal membuat warga Iran tersenyum lebar, sebaliknya bisa menyulut murka para pejabat Amerika Serikat: miniatur pesawat siluman AS yang ditembak jatuh awal Desember 2011 lalu.

Para pejabat Iran menyerukan adanya serangan intelijen, saat mereka menembak jatuh pesawat mata-mata AS, RQ-170 yang diduga membawa misi CIA mengawasi fasilitas nuklir Iran.

Meski miniatur pesawat yang dibuat dalam ukuran 1:80 dari aslinya itu sudah beredar di dunia, versi Iran lebih unik. Dengan warna cerah dan bertuliskan slogan yang diserukan Ayatollah Ruhollah Khomeini, "kami akan menginjak AS, di bawah kaki kami."
 
Produk mainan ini akan dirilis minggu ini, pembuatnya mengatakan, mereka menyisakan satu, yang warnanya pink untuk orang nomor satu di Amerika Serikat, Presiden Barack Obama. "Dia (Obama) minta pesawatnya dikembalikan, kami akan mengirmkan padanya satu," kata Reza Kioumarsi, kepala produksi Ayeh Art, seperti yang dikutip Christian Science Monitor.

Setiap harinya ada 2.000 miniatur yang diproduksi. Harga perbuahnya sekitar US$4 dolar, atau sekitar Rp36.000.

Kapal mata-mata nirawak tipe RQ-170,dengan panjang 4,5 meter dan tinggi 1,84 meter dipamerkan dan disiarkan di stasiun televisi. Benda itu dalam kondisi mulus.

Pihak AS tidak mengonfirmasi dan memberikan komentar apapun terkait rekaman tersebut. Namun Pentagon mengakui bahwa ada satu pesawat mata-mata di Afganistan yang hilang.

Lihat fotonya di sini

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found