Berubah Sikap, Horta Jadi Capres Timor Leste

Presiden Timor Leste, Jose Ramos Horta
Sumber :
  • Reuters/Australian Pool via Reuters TV

VIVAnews - Setelah sempat mengumumkan tidak akan kembali mencalonkan diri dalam Pemilihan Umum di Timor Leste tahun ini, Presiden Ramos Horta berubah pikiran. Ia memutuskan untuk menjadi salah satu kandidat Presiden pada pemilu 17 Maret mendatang.

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Ungkap 2 Hal yang Dilakukan Guna Mencegah Korupsi

MenurutĀ ABC News, Selasa 31 Januari 2012, Horta mengumumkan pencalonannya kembali lewat situs resmi kepresidenan. Dia juga mengaku berubah pikiran setelah menerima petisi lebih dari 100 ribu orang yang memintanya kembali memimpin.

Dalam bursa pilpres mendatang, pria yang memerintah sejak 2007 ini akan berhadapan dengan sembilan kandidat lainnya. Pemimpin kaum oposisi Francisco 'Lu Olo' Guterres dan mantan kepala angkatan bersenjata Taur Matar Ruak adalah beberapa saingan kuatnya.

Sebuah sumber yang dekat dengan Horta menyebutkan, keikutsertaan peraih Nobel Perdamaian 1996 ini dalam bursa pilpres akan membuat suara Fretilin terpecah karena terbagi untuk Horta dan Guterres.

Pemungutan suara untuk pilpres Timor Leste akan berlangsung dalam dua ronde. Jika tak ada yang menang mutlak pada ronde pertama, maka ronde kedua akan dilakukan pada bulan April dengan dua kandidat peraih suara terbanyak. (ren)

Mata uang Indonesia, Rupiah

BI Catat Uang Beredar Maret 2024 Rp 8.888 Triliun, Naik 7,2 Persen

Bank Indonesia (BI) mencatat, likuiditas perekonomian atau uang beredar dalam arti luas (M2) pada Maret 2024 tumbuh lebih tinggi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024