Pemerintah Akan Beli 8 Helikopter Apache AS

Helikopter Apache
Sumber :
  • Reuters

VIVAnews -- Pemerintah berencana membeli delapan unit helikopter serang Apache dari Amerika Serikat untuk menambah kekuatan alat utama sistem persenjataan (alutsista).

"Kami berniat beli delapan unit Apache," kata Wakil Menteri Pertahanan, Sjafrie Sjamsoeddin di Jakarta, Kamis 9 Februari 2012.

Menurut Sjafrie, pengadaan delapan unit helikopter serang jenis Apache tersebut sesuai dengan kebutuhan Indonesia. "Kita yang mencari. Kalau di Amerika ada dan sesuai dengan kebutuhan kita, kita deal sama dia," jelasnya.

Meski demikian, belum ada kesepakatan antara pemerintah Indonesia dengan Amerika Serikat mengenai pembelian tersebut. Yang sudah sampai saat ini baru pesawat tempur F-16. "Kita semua tahu F16 sudah deal," pungkasnya.

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023

Apache adalah tipe helikopter militer dari jenis penyerbu atau tempur  yang bisa diterbangkan dalam berbagai kondisi cuaca. Helikopter serbu ini dikendalikan oleh dua orang kru, dan memiliki persenjataan senjata senapan tempur yang terletak di bawah hidung heli.

Sebelum soal Apache ini diwacanakan ke publik, Kementerian Pertahanan berniat membeli tank Leopard bekas dari Belanda. Namun, keinginan ini terkendala parlemen Belanda, juga DPR yang tak kunjung memberi restu.

Juga membeli pesawat intai tanpa awak atau unmanned aerial vehicle/UAV. Untuk yang satu ini, Kemenhan memastikan dua pesawat yang dibeli dari dari Kital Philippine Corp seharga US$16 juta akan tiba tahun ini.

Kelebihan pesawat intai tersebut antara lain bisa digunakan untuk militer dan nonmiliter seperti mendeteksi cuaca, mempunyai kemampuan jelajah dengan radius 250 km, kemampuan terbang 15 jam.(np)

Persib Bandung vs Bhayangkara FC

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur

Persib Bandung berbagi poin dengan Bhayangkara FC dalam laga lanjutan Liga 1 2023/2024. Duel digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis 28 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024