China Akan Geser India di Penjualan Emas

Ilustrasi/Emas Batangan
Sumber :
  • VIVAnew/Ist

VIVAnews - China diprediksi akan menggeser posisi India sebagai pasar emas terbesar dunia pada tahun ini. Hal ini karena investasi emas batangan dan penjualan perhiasan yang meningkat di Negeri Tirai Bambu.

Hal ini disampaikan World Gold Council (WGC) dalam laporan tahunannya, dilansir dari Guardian, Selasa 21 Februari 2012. Berdasarkan data di lembaga ini, penjualan emas di China tahun lalu meningkat 20 persen yaitu 769,8 ton.

Terbanyak adalah penjualan emas batangan dan koin untuk investasi. Total investasi emas di China meningkat 69 persen pada 2011 hingga 258,9 ton, atau 84,5 triliun RMB.

Permintaan perhiasan di China meningkat setiap kuartal tahun lalu, menjadikan negara ini sebagai tempat penjualan perhiasan terbesar di dunia. Hal ini dikarenakan tren pembelian emas untuk investasi di tengah meningkatnya nilai properti di China.

"Sepertinya China akan menjadi pasar emas terbesar di dunia untuk pertama kalinya pada 2012," kata Marcus Gubb, direktur pelaksana WGC untuk investasi.

Tahun lalu, India adalah penjual emas terbesar di dunia dengan 933,4 ton. Namun, jumlah itu telah menurun hingga 7 persen. Kebanyakan pembeli emas di India mengincar perhiasan, lebih dari 500 ton terjual. Sedangkan untuk investasi mencapai 366 ton, atau sepertiga dari permintaan emas batangan dan koin di seluruh dunia.

Di seluruh dunia, melemahnya harga properti dan rentannya pasar saham membuat para investor beralih ke emas yang lebih aman. Hal ini meningkatkan harga emas hingga ke angka US$1.896 per ons pada 5 September 2011.

Penjualan emas global pada 2011 mencapai 4.067,1 ton, seharga US$205,5 miliar. WGC mengatakan, ini kali pertama permintaan emas global melampaui nilai US$200 miliar, dan permintaan emas terbesar sejak 1997. (eh)

Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024
Calon Anggota Legislatif DPR RI dari Partai Demokrat, Fathi

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I

Partai Demokrat berhasil meraih satu kursi DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Barat I (Jawa Barat), Kota Bandung dan Cimahi periode 2024-2029. Sebab, partai yang diketuai

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024