Menlu Australia Kevin Rudd Mengundurkan Diri

Kevin Rudd
Sumber :
  • REUTERS

VIVAnews - Kevin Rudd hari ini mengundurkan diri sebagai menteri luar negeri Australia. Muncul spekulasi Rudd ingin kembali menjadi perdana menteri di Negeri Kanguru itu, dengan berupaya menggulingkan Julia Gillard.

Menurut kantor berita Reuters, Rudd mengumumkan pengunduran diri sebagai Menlu di tengah lawatan ke Washington DC, Amerika Serikat. Dalam jumpa pers, Rudd mengatakan posisi selanjutnya akan dia tentukan saat pulang ke Australia pekan ini.

Di akhir pengumuman itu, Rudd bertanya kepada para koleganya di Partai Buruh, "Siapa yang berposisi terbaik untuk mengalahkan pemimpin oposisi Tony Abbott pada pemilu mendatang?"

Rudd menilai kubu Partai Buruh pimpinan PM Gillard, yang tengah memerintah Australia, kini menjadi pihak minoritas di parlemen. Maka, sulit bagi Partai Buruh untuk menang pemilu tahun depan bila tetap dipimpin Gillard.  

"Faktanya adalah saya tidak bisa terus bertugas sebagai menteri luar negeri bila saya tidak punya dukungan dari Perdana Menteri Gillard," kata Rudd. "Satu-satunya langkah yang elegan bagi saya adalah mengundurkan diri," lanjut Rudd.

Memimpin Australia sebagai PM selama tiga tahun, Rudd terpaksa mundur pada 24 Juni 2010 setelah dia kehilangan dukungan politik dari para koleganya di Partai Buruh. Posisi Rudd saat itu diganti oleh Wakil PM Julia Gillard, yang juga politisi inti Partai Buruh.

Rudd akhirnya turun pangkat menjadi menteri luar negeri di masa pemerintahan Gillard. Namun, perseteruan kedua politisi itu terus berlanjut.

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap

Inilah yang membuat sejumlah menteri senior pekan lalu mendesak Gillard segera memecat Rudd dari jabatan menlu karena disinyalir dia akan berupaya kembali jadi PM.

Menurut stasiun berita BBC, Rudd tidak mengutarakan secara gamblang apakah akan menantang Gillard dalam kepemimpinan Partai Buruh. Dia hanya mengatakan akan pulang dulu ke Brisbane pada Jumat pagi. 

Blak-blakan Soal Rizky Irmansyah, Nikita Mirzani: Perhatian Banget

Rudd membantah kecurigaan bahwa dia akan diam-diam menyerang perdana menteri Gillard.  Politisi itu hanya berkata bahwa dia harus berkonsultasi dengan keluarga dan konstituennya sebelum membuat keputusan lebih lanjut soal karir politik.


Saudi Arabia Makes First Debut at Miss Universe Pageant
Kemenag Gelar Peringatan Nuzulul Qur'an Nasional Tahun 2024

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Peringatan Nuzulul Qur'an tingkat nasional, digelar oleh Kementerian Agama atau Kemenag. Pada tahun 2024 ini, digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024