DUNIA

FOTO: Bulat, Tank Tempur Andalan Ukraina

Tank Bulat MBT diawaki tiga personel dan dilengkapi senjata mesin anti pesawat udara
Kamis, 23 Februari 2012
Oleh : Renne R.A Kawilarang
Tank Ukraina Bulat MBT

VIVAnews - TNI Angkatan Darat berupaya memutakhirkan alat utama sistem senjata mereka, salah satunya tank tempur utama (Main Battle Tank - MBT). Sudah ada tawaran dari pihak asing untuk menjual kendaraan besi mereka.

Salah satu pihak yang berminat adalah Ukrspecexport. Perusahaan milik pemerintah Ukraina itu menawarkan perakitan tank tempur utama mereka, yang dikenal dengan sebutan "Bulat."

Foto-foto tank tempur itu bisa dilihat dengan membuka tautan ini.

Ukrspecexport usul agar perakitan itu bisa berlangsung di pabrik PT Pindad. Perakitan Tank Bulat ini bisa dikelola secara patungan antara Pindad dan Ukrspecexport.

"Namun, tentu saja, bila mitra kami belum siap atas langkah itu, kami bisa memasok MBT Bulat yang diproduksi penuh di Ukraina dalam waktu dekat," demikian perwakilan dari Ukrspecexport.

Kendati tidak dirinci secara jelas, biaya tank itu relatif lebih murah dari MBT sejenis. Berbobot 45 ton, Bulat dianggap lebih ringan dari tank-tank tempur lain. Tank Bulat mulai digunakan Angkatan Darat Ukraina pada 2004 dan sejak 2005 dibuat produk lanjutan.

Saat ini Angkatan Darat Ukraina - yang merupakan pecahan Uni Soviet - mengoperasikan lebih dari 80 unit tank Bulat dan jumlahnya akan bertambah. 

Tank ini diawaki tiga personel dan, selain bergerak lebih lincah dari MBT sejenis, juga dilengkapi senjata mesin anti pesawat udara.

Bermesin disel lima silinder, tank itu mampu bertahan di suhu antara -40 derajat hingga +55 derajat celcius dan berkecepatan maksimal 60,5 km/jam di jalan mulus.

TERKAIT
    TERPOPULER
    File Not Found