Mundur Sebagai Menlu, Rudd Tantang PM Gillard

Kevin Rudd
Sumber :
  • REUTERS

VIVAnews - Mantan Menteri Luar Negeri Australia, Kevin Rudd, hari ini resmi berniat menantang PM Julia Gillard dalam pemilihan Ketua Partai Buruh pekan depan. Bila berhasil menang sebagai ketua partai yang tengah memimpin Australia itu, Rudd otomatis kembali naik singgasana sebagai perdana menteri hingga Pemilu 2013.

Rudd menyampaikan niatnya pada konferensi pers di Brisbane, Jumat 24 Februari 2012, atau beberapa hari setelah dia mengundurkan diri sebagai menteri luar negeri Australia. Dia mengatakan, pemerintahan Julia Gillard saat ini telah kehilangan kepercayaan dari rakyat.

Terekam CCTV Cabuli Gadis Panti Asuhan, Ketua PSI Gubeng Surabaya Dicokok Polisi 

"Benar atau salah, Julia telah kehilangan kepercayaan rakyat Australia. Mulai Senin, saya akan mulai mengembalikan kepercayaan tersebut. Untuk itulah, saya memutuskan untuk menjadi calon perdana menteri dari Partai Buruh," kata Rudd, dilansir dari CNN.

Rudd pertama kali menjadi menjadi perdana menteri pada Desember 2007 dan berhenti pada Juni 2010. Dia kala itu digulingkan oleh partainya sendiri yang merasa Rudd telah hilang pamor di masyarakat akibat penanganan perubahan iklin dan skema pengurangan emisi.

Demi menyelamatkan perolehan suara partai, Rudd disingkirkan. Namun berdasarkan kesepakatan saat itu, Rudd masih akan menempati posisi tinggi di pemerintahan, yaitu sebagai menteri luar negeri. "Saya akan menyelesaikan pekerjaan yang diberikan rakyat Australia untuk saya ketika menjadi perdana menteri," kata Rudd.

Pemilihan calon perdana menteri dari Partai Buruh akan dilakukan pada Senin pekan depan. Gillard menyatakan akan kembali mencalonkan diri menjadi perdana menteri. Dia yakin akan kembali terpilih menjadi calon karena andilnya yang besar dalam reformasi negeri. Padahal, tingkat popularitasnya tidak lebih baik dari Rudd saat menjabat.

"Sebagai perdana menteri, saya telah melakukan lebih banyak reformasi dibanding pendahulu saya. Reformasi ini di antaranya memutuskan harga karbon dan menetapkan masa depan berenergi bersih, reformasi kesehatan, pajak sewa sumber mineral, memastikan sistem telekomunikasi kita siap di abad 21," kata Gillard. (ren)

Prabowo Subianto tiba di Malaysia.

Batalkan Aksi Relawan Turun ke Jalan Jelang Putusan Sengketa Pilpres di MK, Prabowo Tuai Pujian

Menurut Sekjen AMMI Arip Nurahman, langkah dilakukan Prabowo ini, agar menjaga situasi tetap kondusif serta menghindari terjadinya perpecahan diantara sesama anak bangsa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024