Galang Dana, Ratusan Pemuda Gaza Ikut Maraton

Pemuda Gaza ikut lomba maraton UNRWA
Sumber :
  • REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa

VIVAnews - Ratusan pemuda berlari di sepanjang Jalur Gaza tanpa peduli hujan dan angin dalam sebuah lomba maraton yang diselenggarakan UNRWA, badan kemanusiaan dan pemulihan PBB, Kamis waktu setempat.

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode

Tujuan diadakannya lomba ini adalah untuk menarik perhatian dunia terhadap keadaan mereka sekaligus menggalang dana bagi kegiatan tahunan UNRWA.

"Maraton ini menyampaikan dua pesan. Pertama, bahwa anak-anak Gaza juga ingin memiliki kehidupan sama seperti anak lainnya di dunia. Kedua, UNRWA sangat dibutuhkan Arab dan negara-negara lain untuk tetap melayani penduduk Gaza," kata Christer Nordahl, wakil ketua UNRWA seperti dimuat Haaretz.

Even ini diikuti 500 pelari, 200 orang di antaranya wanita, dan mereka berasal dari Gaza, dan negara-negara lain. Sepanjang berlari, anak-anak ini membawa spanduk yang menghimbau perlunya pemberian bantuan yang lebih bagi penduduk Gaza yang diblokade Israel sejak 2006.

Para peserta menempuh jarak 42 kilometer, mulai dari Beit Hanoun dan Berakhir di Rafah. Para pesertanya adalah para siswa dari sekolah-sekolah UNRWA dan mereka dibagi berdasarkan usia dan jarak tempuh lomba.

Dua pelari Olimpiade asal Palestina, Nader al-Masri dan Baha el-Farra yang juga akan berpartisipasi dalam lomba lari 400 meter dalam Olimpiade London, turut serta dalam maraton ini.

UNRWA adalah organ terbesar di PBB yang didirikan paska Perang Arab-Israel 1948 silam. Badan ini mempekerjakan 25.000 staf, kebanyakan warga Palestina. Tugas UNRWA adalah memberikan bantuan pendidikan, kesehatan, layanan sosial dan medis untuk sekitar lima juta warga pengungsi Palestina di Yordania, Lebanon, Suriah, Tepi Barat dan Gaza. (umi)

Pemain Timnas Indonesia U-23

Bikin 2 Gol ke Gawang Korsel, Begini Kata Rafael Struick

Penyerang Timnas Indonesia U-23 Rafael Struick menilai kemenangan atas Timnas Korea Selatan U-23 adalah buah kinerja tim.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024