DUNIA

Uji Bom Nuklir Iran Tertangkap Citra Satelit

Dalam citra satelit terbaru IAEA, terlihat Iran coba membersihkan sisa-sisa radiasi.

ddd
Kamis, 8 Maret 2012, 13:04
Instalasi nuklir Iran
Instalasi nuklir Iran (Reuters/Raheb Homavandi)

VIVAnews - Diplomat PBB membenarkan adanya bukti bahwa Iran tengah melakukan uji coba senjata nuklir di salah satu pangkalan militernya. Komentar ini menyusul dipublikasikannya citra satelit oleh salah satu negara anggota Badan Energi Atom Internasional (IAEA).

Dalam foto, seperti diberitakan The Guardian, Kamis 8 Maret 2012, terlihat pangkalan militer Parchin yang terletak sekitar 30 km tenggara Teheran. Terdapat beberapa buah truk dan perangkat lainnya di lokasi tersebut. IAEA mengklaim gambar ini adalah yang terbaru dan selalu diperbaharui secara berkala.

Diplomat PBB yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan, gambar itu jelas memperlihatkan aktivitas membersihkan sisa-sisa radioaktif dalam uji coba senjata nuklir. Terbukti dengan adanya truk-truk pengangkut dan perangkat lainnya yang digunakan untuk menghapus zat radioaktif pada tanah.

Mereka mengatakan, orang-orang di Parchin mungkin mencoba menghilangkan bukti pengujian alat neutron yang digunakan untuk memicu ledakan nuklir. Diplomat lainnya tidak membantah dugaan tersebut, dia mengatakan inisiator neutron biasa digunakan untuk mengembangkan senjata nuklir.

Temuan ini menambah kuat kecurigaan IAEA atas pangkalan Parchin yang diduga dijadikan tempat menguji bom atom. Sebelumnya beberapa pekan lalu, delegasi IAEA yang berkunjung ke Iran dilarang keras memasuki Parchin. Akhirnya, para delegasi pulang dengan tangan hampa.

Pada laporan IAEA November tahun lalu, dikatakan bahwa Parchin digunakan sebagai tempat uji ledak untuk memicu reaksi berantai nuklir. Laporan inilah yang kemudian membuat Amerika Serikat kembali menerapkan sanksi ekonomi atas Iran. (umi)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
yani175
21/05/2012
klopun benar Iran memiliki senjata Nuklir emang ngapain ribut, Israel punya senjata nuklir AS juga adem ayem diem aja. Smoga aja Iran benar-2 memiliki senjata nuklir untuk melindungi negaranya dari AS+Israel.
Balas   • Laporkan
dekwis
13/04/2012
Ngapain ngurusin Si Iran sama Si Amrik. Mari kita Urus bangsa kita sendiri. Pernahkah Si Iran berbagi minyaknya untuk kita???. Biarkan mrk bertengkar, lalu kita muncul sbg pahlawan.
Balas   • Laporkan
neosack
05/04/2012
Perang politik koq dikaitkan dengan perang agama. emang agama agan uda pda bner?? ngaca pke hati bukan pke kaca KW.
Balas   • Laporkan
premantaubat | 15/05/2012 | Laporkan
sekarang gw mau nanya sma lu neosack liat noh si ISRAEL tuh punya senjata nuklir apakah amrik dan uni eropa melarangnya mlah sama mreka ditutupi.....kenapa amrik dan eropa tunduk sama israel?apakah krena tanah plestine itu tnah yg tlah dijanjikan oleh tuh
prima.ozon
16/03/2012
raptkan brisan, galang kekompakkan &pmimpin iran harus bersatu dgn satu komando SEORANG PRESIDEN Ahmadinejad YAKINLAH ALLAH SWT ADA & TELAH MEMBERIKAN KEKUATAN & KEMENANGAN KEPADA BELIAU, RAKYATNYA,PALESTINA &UMAT MUSLIM DUNIA..BERSATU UNTUK Ahmadinejad!!
Balas   • Laporkan
satriamadrid
16/03/2012
mo diluncurin ke Amrik & Israel..bukan uji coba..amien
Balas   • Laporkan
ielsahab | 21/04/2012 | Laporkan
mimpi teruuuussss...
malaysia
09/03/2012
memang dah seharusnya Iran punya nuklir untuk melindungi diri dari koboy dan penjahat israhell,Iran tidak takut!
Balas   • Laporkan
lala.da
09/03/2012
paman sam gk pernah ikut campur ama negara2 yg sumber daya alamnya mengpet, klw sumber daya alamny melimpah paman sam sll mencari ide mncri kesalahan negara trsbt.bravo paman sam i d u n
Balas   • Laporkan
mustruli
08/03/2012
Kenapa ya AS boleh punya senjata nuklir dan telah digunakan jepang adalah korbannya.... kok negara lain ga boleh...
Balas   • Laporkan
pucu | 09/03/2012 | Laporkan
itu kan duluuuuuu sekarang nuklir dilarang booooooo.....
comando
08/03/2012
Iran berani unjuk kekuatan dan tidak takut dengan sanksi ataupun embargo. Mungkin hal ini bisa memicu perng teluk lagi atau perang dunia.
Balas   • Laporkan
ielsahab | 21/04/2012 | Laporkan
ya memang begitu ada nya.. sudah di nubuatkan koq..
jihader
08/03/2012
kita lihat saja hasil akhirnya..siapa yg benar pasti yg menang dan bahagia.wlpun bukan didunia tp kelak di esok hari...(akhirat brooo...)
Balas   • Laporkan
premantaubat | 15/05/2012 | Laporkan
ielsahab kayak lu yang paling bener aje....nyuruh perbaikin akhlak orng laen koreksi tuh diri lu udah baik lum amal LU
ielsahab | 21/04/2012 | Laporkan
ahh elo munafik bgt kyk lo dah bolak-balik dunia akherat aja , ngomong tuh yg realistis aja bro.. akhlak di perbaiki dan d amalkan..


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com