Penjara di Honduras Rusuh, 13 Napi Tewas

Kerusuhan di penjara kota San Pedro Sula, Honduras
Sumber :
  • REUTERS/Stringer

VIVAnews - Kerusuhan disusul kebakaran kembali terjadi di penjara di utara Honduras. Sedikitnya 13 orang tewas dalam perkelahian antar kelompok tersebut.

Dilansir Reuters, Kamis, 29 Maret 2012, polisi dan tim medis bekerjasama berusaha menghentikan tindak kekerasan di penjara kota San Pedro Sula. Ditemukan senjata rakitan, pisau dan parang dalam perkelahian antar geng kriminal di dalam penjara.

Para tahanan juga membakar sebagian sisi penjara, menghanguskan dua orang. Sebanyak 11 narapidana lainnya juga tewas, seorang di antaranya dilaporkan tewas dipenggal.

Ini adalah peristiwa berdarah kedua yang terjadi di penjara negara tersebut dalam dua bulan terakhir. Bulan lalu, sebanyak 358 narapidana tewas pada kebakaran di kota Comayagua. Pada 2009, 103 napi terbunuh dan pada 2004, 107 napi yang tewas.

Penjara di Honduras kerap menuai kritikan karena terlalu padat, menimbulkan risiko konflik yang tinggi. Sebanyak 13.000 napi dijejalkan di penjara yang seharusnya hanya bisa menampung 7.000 orang. Lebih dari setengah penghuninya masuk tanpa menjalani proses pengadilan. (hp). 

Pelaku Ditangkap, Begini Modus Sopir Taksi Online Todong Penumpang Rp 100 Juta
Penyelundupan Pil Koplo di Lapas Yogyakarta (dok istimewa)

Pengunjung Coba Kelabui Petugas Lapas Yogyakarta Simpan Pil Koplo di Betis, Malah Ketahuan

Petugas Lapas Kelas IIA Yogyakarta menggagalkan dua kali penyelundupan pil koplo dari pengunjung kepada warga binaan, salah satunya bermodus menyembunyikan pil di betis.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024