FOTO: Tradisi Penyaliban di Filipina

Seorang pria di Filipina menjalani tradisi penyaliban
Sumber :
  • REUTERS/Romeo Ranoco

VIVAnews -Tablo atau drama kisah kesengsaraan Yesus -- dari ditangkap tentara Romawi, diadili Herodes-imam agung Yahudi, melewati jalan berbatu menuju bukit Kalvari sembari memikul kayu salib lalu dipaku disalib itu -- diperingati para penganut Katolik di berbagai negara. Upacara ini digelar guna mengenang kisah itu. Lazim digelar sebelum atau pas Jumat Agung, yang dikenang sebagai hari wafatnya Yesus.

Fairuz A Rafiq Beberkan Kondisi Terkini Usai Dilarikan ke RS Bersama Buah Hati

Di Filipina sejumlah pemuda menggelar acara dengan menyediakan diri sebagai lakon. Jelang Jumat Agung besok, sejumlah pemuda diĀ  Mandaluyong City, Metro Manila menggelar acara itu di jalan, Kamis 5 April 2012. Dengan upacara itu, mereka yang percaya diingatkan bahwa betapa besar pengorbanan Yesus melawan ketidakadilan. Dan yang menonton diharapkan menyesali dosa-dosanya.

Pemerintah Filipina, yang mayoritas rakyatnya beragama Katolik, tidak bisa melarang kegiatan itu. Menurut harian Daily Mail, pemerintah hanya mengatur agar kegiatan tersebut dilaksanakan dengan aman dan tertib.

Indonesia Bakal Jadi Basis Produksi Mobil Listrik Canggih

Di banyak tempat upacara ini digelar tanpa harus berdarah-darah. Di Filipina agak berbeda. Itu sebabnya peserta wajib disuntik anti tetanus dan semua paku yang akan dipakai untuk menyalib kaki dan tangan mereka harus disterilkan terlebih dahulu.

Dikumpulkan oleh kantor berita Reuters, foto-foto tradisi penyaliban itu bisa dilihat dengan membuka tautan ini.

Presiden Joko Widodo dan Yanda Zaihifni Ishak jadi saksi pernikahan

Momen Presiden Joko Widodo jadi Saksi Nikah Anak Wamenaker Afriansyah Noor

Presiden Joko Widodo bersama Yanda Zaihifni Ishak menghadiri acara pernikahan putri dari Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024