Pemilu Timor Leste

Taur Matan Ruak Dipastikan Menang

Taur Matan Ruak
Sumber :
  • REUTERS/Lirio Da Fonseca

VIVAnews - Mantan panglima angkatan bersenjata Timor Leste, Taur Matan Ruak, hampir dipastikan menang pemilu Presiden. Dia akan menggantikan presiden Timor Leste saat ini, Ramos Horta.

Menurut kantor berita Reuters, mengutip sumber seorang pejabat Komisi Pemilu Timor Leste, Ruak berhasil meraih dukungan sekitar 61 persen dari 452.000 surat suara yang telah dihitung setelah digelar Pemilu dari Senin pagi hingga sore waktu setempat. Komisi Pemilu menargetkan penghitungan suara sudah selesai dalam kurun 48 jam setelah pemungutan ditutup.

Pesaing Ruak, Fransisco "Lu Olo" Guterres, baru meraih 38,8 persen dari total suara. "Penghitungan masih berlangsung, namun sudah muncul indikasi Taur Matan Ruak mendapat dukungan mayoritas suara," kata pejabat Komisi Pemilu Tomas Cabral, seperti disiarkan di stasiun televisi dan radio di Ibukota Dili.

5 Motor Vespa Bersolek di Indonesia Fashion Week 2024

Belum ada pernyataan resmi dari Ruak maupun dari Lu Olo menanggapi hasil penghitungan sementara Pemilu putaran kedua Timor Leste.

Hingga Selasa siang masih ada tiga dari 13 distrik yang masih menghitung surat suara. Hasil akhir akan dihitung ulang oleh suatu komisi pemilu independen sebelum disahkan oleh Mahkamah Agung Timor Leste.

Pemilu putaran kedua ini diikuti 73 persen dari total warga Timor Leste yang punya hak pilih. Pada putaran pertama Maret lalu, Ruak dan Lu Olo masuk babak "dua besar" sekaligus menyingkirkan Presiden Horta, yang hanya berada di peringkat tiga.

Baik Lu Olo maupun Ruak adalah dua tokoh yang sama-sama dihormati rakyat Timor Leste karena terlibat dalam perjuangan kemerdekaan di wilayah yang dulu menjadi provinsi ke-27 Indonesia.

Semasa perjuangan, Lu Olo adalah aktivis dari Partai Fretilin. Ruak merupakan komandan gerilyawan FALINTIL, yang merupakan sayap militer Fretilin pimpinan Xanana Gusmao.

Siapapun presiden baru, yang bersangkutan masih harus membangkitan Timor Leste dari kemiskinan. Menurut Bank Dunia, sebanyak 41 persen dari 1,2 juta rakyat Timor Leste hidup dengan biaya 88 sen, atau kurang dari US$1 per hari. Padahal Timor Leste memiliki kekayaan alam seperti minyak mentah dan gas alam di lepas pantai.(np)

Kasus Trabrakan beruntun teejadi di gerbang tol Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur, Rabu 27 Maret 2024.

Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Terancam 4 Tahun Bui

Polisi telah menetapkan sopir truk berinisial MI yang menjadi penyebab kecelakaan beberapa kendaraan di gerbang tol Halim sebagai tersangka.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024