India Uji Coba Rudal Balistik Antar Benua

Rudal Balistik Antar Benua (ICBM) Agni V milik India
Sumber :
  • Reuters

VIVAnews - India melakukan uji coba Rudal Balistik Antar Benua (ICBM) Agni V yang dapat membawa hulu ledak nuklir hari ini. Dengan uji coba ini, India masuk ke jajaran negara-negara pemilik senjata rudal jarak jauh berteknologi tinggi.

Diberitakan Reuters, uji coba dilakukan India pada Kamis, 19 April 2012, pukul 8.05 waktu setempat di pulau Wheeler lepas pantai Odisha dan disiarkan di stasiun televisi lokal. Rencananya, rudal seberat 50 ton ini akan mulai disiagakan pada tahun 2014-2015.

Rudal sepanjang 17 meter ini mampu membawa hulu ledak nuklir seberat 1.000 kg. Jika sudah ditembakkan, rudal berkecepatan peluru ini dapat mencapai jarak 5.000 km, hingga ke China atau Eropa. Awalnya, rudal akan diuji kemarin, namun ditunda karena alasan cuaca.

Dengan kemampuan rudal baru ini, India adalah negara kedua di Asia setelah China dengan teknologi rudal jarak jauh. Baru lima negara yang memiliki teknologi semacam ini, di antaranya adalah China, Prancis, Rusia, Amerika Serikat dan Inggris, kesemuanya adalah anggota tetap Dewan Keamanan PBB.

Tidak seperti Korea Utara yang mendapatkan penentangan keras dari berbagai negara setelah diduga melakukan uji coba rudal, India justru didukung oleh Amerika Serikat dan NATO. "Kami tidak menganggap India sebagai ancaman bagi wilayah NATO dan para sekutunya," kata sekretaris jenderal NATO Anders Fogh Rasmussen di Brussel.

Pemerintah AS mengatakan tidak khawatir adanya ancaman dari India karena kedua negara memiliki hubungan kemitraan di bidang keamanan yang baik. "India memiliki rekam jejak non-proliferasi yang solid. Negara ini juga terlibat aktif di komunitas internasional dalam membahas non-proliferasi," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, Mark Toner. (sj)

Di Forum Parlemen MIKTA, Puan Ingatkan Krisis di Gaza Berdampak pada Stabilitas Global
Teuku Ryan

Teuku Ryan Tegaskan Bukan Hal Ini Penyebab Cerai dengan Ria Ricis

Teuku Ryan mengaku dirinya sudah berusaha mempertahankan rumah tangganya dengan Ria Ricis, meski pun pada akhirnya tetap berakhir.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024