Pelajar RI Sabet Banyak Medali di Belanda

Ketua DPR Australia, Harry Jenkins, mencoba karya ilmiah pelajar Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Kedutaan Besar Australia

VIVAnews - Sebelas pelajar asal Indonesia menyabet medali penghargaan internasional dalam ajang lomba presentasi karya ilmiah the 19th International Conference of Young Scientists (ICYS) yang berlangsung di Nijmegen, Belanda.

Medali yang diperoleh yakni, satu medali emas, dua medali perak, empat medali perunggu dan empat penghargaan khusus.

Berdasarkan keterangan tertulis dari Kedubes RI di Den Hag, medali emas diraih dalam bidang life science karya Vinsen (siswa SMA Cita Hati Surabaya).

Medali perak diperoleh untuk bidang ecology karya Veronica Theresia (SMA Stella Duce 1 Yogyakarta) dan bidang applied physics karya Shanon Canamara (siswa SMA Santa Laurensia Tangerang).

Medali perunggu diraih dalam bidang life science oleh Mike Junet Christin Toam (siswa SMA Negeri 3 Jayapura), Fialdy Yoshua (siswa SMP Chandra Kusuma Medan), Adis Pranaya Yakin (siswa SMA Stella Duce 1 Yogyakarta) dan Gde Paksi Raganata (dari SMA Santa Maria 1 Bandung).

Sedangkan penghargaan khusus berhasil diraih empat buah, masing-masing untuk bidang Matematika, karya I Made Gita Narendar Kumara (SMA Bali Mandara, Bali),  untuk bidang computer science  diraih oleh Kemal Yahya Ferdianto (SMA 6, Yogyakarta), Ganziah Iqbal Fernnda (SMP Al Ma'sum, Bandung) dan Burhanuddien Ibrahim Rahmani (Madrasah Aliyah Mu'allimin, Muhammadiyah, Yogyakarta).

Tim Indonesia yang datang dengan 12 siswa SMP dan SMA berada dibawah pimpinan tim dari Surya Institute.

Ajang tahunan kali ini diikuti oleh 22 negara dari kawasan Asia, Eropa, Timur Tengah dan Amerika Latin yaitu Belarusia, Brazil, Cina Kroasia, Ceko, Georgia, Jerman, Hongaria Indonesia, Iran, Korea Selatan, Lithuania, Malaysia, Belanda, Polandia, Rumania, Rusia, Serbia, Taiwan, Thailand, Turki dan Ukraina.

Sebelumnya Indonesia untuk pertamakalinya mengikuti lomba internasional ini pada saat penyelenggaran ICYS ke-12 yang berlangsung di Katowice, Polandia dengan membawa 3 karya penelitian dalam bidang Fisika dengan memperoleh sebuah medali perunggu dan satu Penghargaan Khusus.  Pada ajang ke-17, prestasi tim indonesia melesat pada 2008-2009.

Penyelenggaraan ICYS ke 20 tahun depan akan diselenggarakan di Pulau Lombok, Indonesia. Indonesia pernah menjadi tuan rumah pada jang serupa pada ICYS ke-17 di Bali.









Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024
Live World Boxing di tvOne, Minggu, 31 Maret 2024, Jam 09.00 WIB

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne

tvOne akan kembali menayangkan Live Wolrd Boxing akhir pekan ini hari Minggu, 31 Maret 2024 pukul 09.00 WIB LIVE dari T-Mobile Arena Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024