RI-Italia Sepakat Berbagi Informasi Bencana

Kunjungan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Pemerintah Indonesia dan Italia menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) di bidang manajemen bencana. MoU tersebut mengatur komitmen kedua negara dalam berbagi informasi dalam penanganan bencana.

Penandatanganan MoU dilakukan di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, oleh Menteri Luar Negeri Indonesia Marty Natalegawa dan Menlu Italia Giuilio Terzi di Sant’Agata, Senin 23 April 2012. Natalegawa mengatakan, MoU ini disepakati atas dasar pengalaman kedua negara di masa lalu.

"Baik Italia maupun Indonesia di masa lalu merasakan dampak bencana alam, hal inilah yang membuat kedua negara memiliki pengalaman mengatasi bencana alam secara nasional," kata Menteri Natalegawa.

Natalegawa mengatakan bahwa MoU ini bukanlah kesepakatan pemberian bantuan jika ada yang terkena bencana, melainkan berbagi informasi seputar bencana alam. Posisi Indonesia dan Italia dalam MoU ini setara dan untuk bertukar pengalaman.

"Indonesia telah menjadi pusat penanganan bencana di Asia Tenggara dan di luar kawasan, dengan didirikannya AHA Center di Jakarta," kata Natalegawa.

Sant'Agata mengatakan bahwa MoU kedua negara dalam bidang ini sangat penting jika terjadi bencana alam. Di antaranya adalah untuk mengetahui standar bantuan apa yang diperlukan bagi negara yang terkena bencana.

"MoU ini adalah bentuk persiapan dan komunikasi yang baik, demi kesempurnaan dalam menjalankan tugas di wilayah bencana," kata Sant'Agata. (umi)

Ketua DPRD Sebut Pemkab Klungkung Komitmen Tangani Kerusakan Jalan di Nusa Penida
Komandan al-Quds Brigade Tulkarm, Mohammad Jaber atau Abu Shujaa

Sosok Abu Shujaa, Komandan Perang Al Quds yang 'Bangkit' dari Kematian

Abu Shujaa pun dinyatakan telah tewas oleh Israel pada hari Jumat lalu. Namun, mengejutkannya, Abu Shujaa tiba-tiba 'bangkit dari kubur'.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024