Bom Kembar di Suriah Tewaskan 55 Orang

Mobil hancur akibat ledakan di Damaskus, Suriah
Sumber :
  • REUTERS/Khaled al-Hariri

VIVAnews - Ledakan di tengah keramaian kota Damaskus, Suriah, kemarin pagi waktu setempat menewaskan 55 orang dan melukai ratusan lainnya. Atas peristiwa ini, PBB melontarkan kecamannya dan menyerukan kedua kubu yang bertikai di Suriah segera berdamai.

Diberitakan Reuters, serangan di tengah kota Damaskus dekat markas intelijen Suriah kemarin pagi adalah serangan yang terparah sejak pergolakan di Suriah dimulai 14 bulan lalu. Selain 55 orang tewas, 372 warga mengalami luka-luka.

Dua ledakan berturut-turut terjadi pada pukul 08.00 pagi waktu setempat di pemukiman al-Qazzaz, distrik Kfar Souseh. Bom pertama di tengah keramaian terjadi untuk memancing massa mendekat. Ketika warga berkerumun, bom kedua diledakkan, membunuh lebih banyak korban.

Berduka Atas Meninggalnya Ayah Nassar, Inul Daratista Beri Doa Terbaik

Ledakan yang dahsyat dari bom tersebut membuat gedung-gedung di sekitarnya hancur. Mobil-mobil terbakar dan potongan-potongan tubuh berserakan. Warga lantas larut dalam kepanikan.

"Anggota Dewan Keamanan PBB mengutuk keras serangan teroris di Suriah pada 10 Mei, yang menyebabkan banyak korban tewas dan terluka," ujar DK PBB dalam pernyataannya.

Sebanyak 15 anggota DK PBB juga kompak menyerukan pemerintah Suriah untuk segera mengimplementasikan enam poin rencana perdamaian yang digagas oleh utusan khusus PBB dan Liga Arab, Kofi Annan. Di antaranya adalah menggelar gencatan senjata.

Sebelumnya, Kofi Annan telah berkali-kali datang ke Suriah dan bertemu dengan Presiden Bashar al-Assad untuk membicarakan perdamaian. Gencatan senjata yang pernah disepakati dinilai tidak efektif, karena tentara Assad masih menggempur warga.

Annan mengatakan bahwa Suriah di ambang perang saudara, jika perdamaian tidak segera terwujud. Untuk mewujudkan stabilitas, Annan menyerukan komunitas internasional segera mengirimkan tim pemantau mereka ke Suriah. Dalam tim ini, turut juga anggota TNI yang tengah bertugas di Lebanon.

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Kubu Anies dan Ganjar Ingin Hadirkan Menteri jadi Saksi di MK, Airlangga Hartarto Beri Jawaban

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, buka suara terkait permohonan kubu Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (AMIN) yang memintanya jadi saksi di MK

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024