Pelaku Bom Kembar Suriah Angkat Bicara

Mobil hancur akibat ledakan di Damaskus, Suriah
Sumber :
  • REUTERS/Khaled al-Hariri

VIVAnews - Sebuah kelompok militan tidak terkenal mengaku menjadi dalang pengeboman kembar di Damaskus, Suriah, Kamis lalu. Dalam aksi ini, sebanyak 55 orang tewas dan ratusan lainnya terluka.

Diberitakan Reuters, 12 Mei 2012, melalui sebuah rekaman video, kelompok militan yang menyebut diri mereka sebagai Front al-Nusra ini mengakui perbuatan mereka. Dalam video tersebut, suara militan disamarkan dan wajahnya tidak ditampilkan.

Dia mengatakan bahwa pengeboman yang mereka lakukan bukan bom bunuh diri. Ini membantah pernyataan pemerintahan Bashar al-Assad yang mengatakan bahwa militan meledakkan diri di tengah keramaian.

Dalam video tersebut, militan al-Nusra mengatakan bahwa serangan itu mereka lakukan atas pembalasan serangan pasukan Suriah ke berbagai kota di negara tersebut. Bentrokan antara pasukan Suriah dan tentara pemberontak telah berlangsung selama 14 bulan.

"Front al-Nusra, semoga Tuhan memperkuatnya, telah melakukan operasi militer di markas rezim di Damaskus. Serangan ini dilakukan menyusul gempuran tentara Assad di wilayah pemukiman Damaskus, Idlib, Hama, Deraa dan wilayah lainnya," kata militan tersebut.

"Kami katakan kepada rezim: Hentikan pembantaian rakyat Sunni, atau kau akan mendapatkan dosa orang-orang Alawis (sekte Syiah Suriah). Bersiaplah untuk bencana. Kami telah meminta warga Sunni untuk menjauhi tentara keamanan atau markas rezim," lanjutnya lagi.

Sebelumnya, pemerintah Assad menuduh pasukan pemberontak yang melancarkan serangan tersebut. Namun, oposisi Suriah membantah hal ini. Selain menewaskan 55 orang, lebih dari 300 warga terluka.

Tidak banyak informasi soal kelompok al-Nusra atau yang artinya "dukungan" dalam bahasa Indonesia. Kelompok ini beberapa kali mengklaim telah melakukan penyerangan, di antaranya di Idlib dan wilayah-wilayah lainnya yang berbatasan dengan Turki. Semua klaim itu belum dapat dikonfirmasi kebenarannya. (eh)

Persikabo 1973 Jadi Tim Pertama yang Terdegradasi dari Liga 1 Musim Ini
Ditlantas Polda Aceh membagikan takjil dan beras kepada pengendara

Kombes Iqbal dan Anak Buah Cegat Kendaraan di Lampu Merah, Bikin Pengendara Hepi

Ditlantas Polda Aceh bersama Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI) membagikan takjil dan paket beras ke pengendara motor dan becak.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024