Kotak Hitam Sukhoi Diduga di Dalam Jurang

Black box di pesawat
Sumber :
  • http://spicaku.blogspot.com

VIVAnews - Tim evakuasi hari ini kembali melanjutkan pencarian korban jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100 di kawasan Gunung Salak, Jawa Barat. Selain mencari korban, tim juga memfokuskan mencari kotak hitam.

"Selain jenazah, kami juga fokuskan pencarian black box," kata Danlanud Atang Sanjaya, Marsekal Pertama Tabri Santoso, di landasan helikopter Cijeruk, Pasir Pogor, 15 mei 2012.

Ia berharap, kotak hitam pesawat yang menjadi data rekam penerbangan tersebut berada tidak jauh dari penemuan alat komunikasi dan ELT yang ditemukan kemarin.

Posisi kotak hitam sendiri diduga berada di bawah jurang dan berada di dalam reruntuhan yang terkubur longsor. "Kami berharap secepatnya bisa ditemukan, tim saat ini juga telah melakukan penyisiran serpihan ekor," katanya.

Kotak hitam yang sejatinya berwarna jingga atau oranye adalah perangkat yang merekam data penerbangan (FDR) dan suara dalam kokpit saat pesawat diterbangkan (CVR).

Fungsi dari kotak hitam adalah untuk merekam pembicaraan antara pilot dan pemandu lalu lintas udara atau Air Traffic Control (ATC). Serta untuk mengetahui tekanan udara dan kondisi cuaca selama penerbangan. (adi)

MK Pastikan Tak Ada Deadlock Putuskan Perkara Sengketa Pilpres
Ilustrasi pasien dirawat di rumah sakit.

Ahli Ungkap 7 Tanda Sekarat hingga Sebabkan Kematian, Apa Saja?

Tanda dari kondisi sekarat umumnya bisa terlihat dari perubahan pada tubuh entah wajah, mata atau bahkan pembicaraan yang kadang dirasa aneh oleh keluarga.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024