Aktivis Mesir Protes Capres Militer

Massa Islam Salafi demo setelah calon mereka ditolak Komisi Pilpres Mesir
Sumber :
  • REUTERS/Asmaa Waguih
VIVAnews - Ribuan aktivis Mesir memenuhi Tahrir Square guna memprotes keikutsertaan salah satu kandidat, Ahmed Safik, dalam pemilu presiden putaran kedua. Alasannya, mereka tidak ingin kembali memiliki pemimpin berlatar belakang militer.
Pilgub Sumut 2024, Edy Rahmayadi Ambil Formulir Pendaftaran ke PDI Perjuangan

Kantor berita Reuters, Jumat 8 Juni 2012 melaporkan, para aktivis lebih banyak mendukung rival Shafik, Mohammed Mursi, yang mewakili Ikhwanul Muslimin. Di sisi lain, mereka juga sedikit risau karena Shafik dan Mursi memiliki pandangan politik yang sangat kontras.
Lika Liku Kehidupan Soesalit Djojoadhiningrat, Pasca Ibunda RA Kartini Meninggal Dunia

Para aktivis menilai, memilih Shafik, sama saja dengan menghidupkan kembali rezim mantan presiden Mesir Hosni Mubarak. Selain karena dua-duanya sesama mantan komandan Angkatan Udara Mesir. Mubarak juga menunjuk Shafik sebagai Perdana Menteri sesaat sebelum rezimnya dikudeta.
Video Honda HR-V Parkir di Jalan Sempit, Bikin Macet dan Sulit Dilewati

Sebelumnya, Shafik berusaha melakukan pendekatan ke generasi muda Mesir dengan menjanjikan beberapa hal. Selain menjadikan Tahrir Square sebagai basis kebebasan berpendapat, ia berjanji melindungi kebebasan berinternet serta menyediakan lebih banyak lapangan kerja.

Pemilu presiden Mesir putaran kedua akan dilangsungkan pada 16 dan 17 Juni, sementara pemindahan kekuasaan secara formal dari Dewan Militer akan dilaksanakan 1 Juli 2012. Ini akan menjadi akhir masa transisi Mesir yang penuh kekisruhan. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya