DUNIA

VIDEO: Beluga, Pengangkut Komponen Pesawat

Namanya diambil dari ikan paus putih.
Minggu, 10 Juni 2012
Oleh : Elin Yunita Kristanti
Pesawat raksasa Beluga.

VIVAnews - Ini adalah pesawat Airbus A300-600 ST atau disebut juga Beluga, nama yang diambil dari sejenis ikan paus. Bentuknya pun mirip dengan hewan laut raksasa itu yang hidup di perairan Kutub Utara.

Beluga bertugas mengantarkan bagian pesawat yang diproduksi di berbagai fasilitas di Eropa ke perakitan terakhir di Toulouse, Hamburg, atau Seville.

Saat Airbus mulai beriperasi pada 1970, komponen-komponen pesawat awalnya dikirim melalui jalur darat. Namun, pertumbuhan produksi membuat pengiriman beralih ke jalur udara.

Sebelumnya, Airbus menggunakan "Super Guppies", modifikasi Boeing Stratocruisers dari era 1940-an. Namun, pesawat lama itu makin menuntut ongkos lebih dan Airbus pun butuh kapasitas kendaraan pengangkut yang lebih besar.

Pembuatan Beluga dimulai pada tahun 1992 dan mulai mengangkasa dua tahun setelahnya. Saat ini ada lima unit Beluga yang dioperasikan, tugas utamanya adalah mengangkut komponen pesawat Airbus, tapi juga melayani carter: mengakut komponen stasiun luar angkasa internasional, mesin industri, juga helikopter.

Menurut Airbus, pesawat ini tidak didesain untuk mengangkut penumpang, melainkan barang. Khususnya komponen-komponen Airbus. "Oleh karena itulah kami hanya memakainya di Eropa," kata seorang teknisi Beluga pada tvOne. Saksikan pesawat Beluga di tautan ini.

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found