Hosni Mubarak dalam Kondisi Koma

Mantan Presiden Mesir, Hosni Mubarak.
Sumber :
  • REUTERS/Egypt TV via Reuters TV

VIVAnews - Tiga dekade menjadi penguasa Mesir, Hosni Mubarak terancam menghabiskan usianya di balik penjara, menyusul vonis seumur hidup yang dijatuhkan padanya. Mantan presiden itu juga sedang berjuang di antara hidup dan mati.

Sempat depresi dan kritis, Hosni Mubarak dinyatakan koma, Senin 11 Juni 2012. Defibrillator atau alat kejut listrik digunakan beberapa kali untuk membangunkan Mubarak yang kolaps akibat komplikasi jantung. Demikian diungkap juru bicara kejaksaan, Adel Saeed.

"Mubarak memasuki fase koma. Dua putranya, Gamal dan Alaa mengajukan permintaan pada otoritas penjara untuk menemaninya. Permintaan itu dikabulkan," kata juru bicara Kementerian Dalam Negeri, Alaa Mahmoud, seperti dimuat CNN. "Kesehatannya memburuk usai vonis dijatuhkan, tekanan darahnya tinggi, masalah pernapasan, dan denyut jantung yang tak teratur."

Gamal dan Alaa Mubarak juga dalam status tahanan atas tuduhan perdagangan ilegal dan pencucian uang.

Mubarak yang berusia 84 tahun divonis penjara seumur hidup 2 Juni 2012, karena dinyatakan terbukti membunuh para demonstran pro-demokrasi tahun lalu. Saat mengikuti persidangan, Mubarak sudah bermasalah dengan kesehatannya.

Sementara itu, pengacaranya menggambarkan mantan orang kuat itu dalam kondisi "sangat kritis". "Saya mengunjunginya Sabtu lalu, dan ia tak sadarkan diri selama tiga kali. Ada konsentrasi air di sekitar jantungnya, yang bisa jadi pemicu serangan jantung atau pembekuan darah pada otak --yang memerlukan operasi penyelamatan dalam 60 menit," kata pengacara, Fareed El Deeb.

El Deeb menambahkan, jaksa menolak permintaan pihaknya untuk memindahkan Mubarak dari penjara ke rumah sakit militer. Dengan alasan, rumah sakit di penjara kurang lengkap untuk merawat Mubarak. "Jaksa dan pemerintah harus bertanggung jawab jika ia meninggal karena kelalaian," kata dia.

Dia juga menyerukan organisasi-organisasi internasional untuk mengunjungi rumah sakit penjara tempat di mana Mubarak dirawat.

Sementara itu, juru bicara kejaksaan mengatakan, otoritas penjara akan memastikan untuk melakukan usaha maksimal guna mengatasi masalah kesehatan para tahanannya. (art)

Kiprah Ninja Xpress Jadi 'Teman' UMKM Bantu Naik Kelas
Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri (JLM)

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM).

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024