Mandailing Perantauan: Terima Kasih Malaysia

Tari Tor tor
Sumber :
  • ANTARA/Irsan Mulyadi

VIVAnews - Persatuan Suku Mandailing di Malaysia berterima kasih kepada Menteri Informasi, Komunikasi, dan Kebudayaan, Datuk Seri Rais Yatim, yang tetap akan mendaftarkan tari Tor-tor dan Gordang Sambilan ke dalam warisan budaya Malaysia.

"Kami sangat terharu dengan ketegasan YB Menteri itu dalam mempertahankan perjuangan masyarakat Mandailing di Malaysia itu," kata Presiden Persatuan Halak Mandailing Malaysia, Ramli Abdul Karim Hasibuan dalam pernyataan tertulis yang diterima VIVAnews.

Pendaftaran Tari Tor-tor dan Gordang Sambilan ke dalam akta warisan budaya nasional Malaysia merupakan tindak lanjut dari permintaan masyarakat Mandailing yang tinggal di negeri jiran itu.

Masyarakat Mandailing Malaysia ingin Tor-tor dan Gordang Sambilan setara dengan kebudayaan lain seperti Jawa, Minang, Bugis, China, India, dan lain-lain. Suku Mandailing di Malaysia ingin kedua kesenian itu bisa ditonton oleh rakyat Malaysia dalam acara besar atau program rasmi kerajaan.

Saat ini, ada sekitar 500 ribu warga Mandailing di Malaysia. Suku Mandailing sudah hidup di Malaysia sejak 200 tahun yang lalu. Masyarakat Mandailing di Malaysia telah memperjuangkan kedua kesenian sejak 30 tahun yang lalu.

"Dan kami akan terus memperjuangkan supaya kebudayaan kami ini terus dikembangkan dan diangkat ke tahap yang lebih tinggi setahap dan setara dengan budaya suku kaum lain," katanya.

MK Sudah Putuskan, Dave Laksono Minta Tak Ada Lagi Tuduhan Politisasi Bansos

Perjuangan masyarakat Mandailing untuk mendaftarkan Tari Tor-tor dan Gordang Sambilan sebagai warisan budaya Malaysia semata-mata untuk melestarikan kedua kebudayaan.

"Dengan satu niat, yaitu semata-mata atas dasar menghargai, mempertahankan, dan mengembangkan budaya sendiri atau pendeknya ingin melestarikannya supaya tidak pupus atau hilang," katanya. (umi)

Perburuan Alien Belum Usai, Kawan
VIVA Militer: Kapuspen TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar

Tentara Amerika Ditemukan Meninggal Dunia Saat Survey Medan Latihan di Karawang

Tentara Amerika Serikat yang meninggal dunia adalah Mayor WW

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024