Wanita Saudi Boleh Unjuk Gigi di Olimpiade

Wanita Arab Saudi Peringati Hari Nasional.
Sumber :
  • REUTERS/Fahad Shadeed

VIVAnews - Untuk pertama kalinya, Arab Saudi mengizinkan kaum hawa berpartisipasi dalam Olimpiade. Saudi akan menurunkan tim atletnya dalam Olimpiade London yang akan digelar beberapa waktu lagi.

Kabar ini ditegaskan kedutaan Besar Arab Saudi di London, yang menyatakan akan memberi kesempatan bagi atlet wanita Saudi yang kompeten untuk berpartisipasi. Diberitakan BBC, Minggu 24 Juni 2012, sebelum izin diberikan, atlet Dalma Rushdi Malhas dari cabang olahraga lompat rintangan menjadi satu-satunya atlet wanita yang berpartisipasi.

Namun tentu saja ada syarat yang harus dipenuhi para atlet wanita. "Mereka harus mengenakan pakaian yang dapat menjaga kehormatan mereka, yaitu pakaian yang sederhana, longgar, serta mengenakan jilbab sport yang menutup rambut namun tidak menutupi wajah," kata pihak berwenang Saudi.

Dengan demikian, berakhirlah spekulasi tentang kemungkinan didiskualifikasinya tim Saudi atas dasar diskriminasi gender.

Bagi kerajaan Saudi, keikutsertaan atlet wanita dalam Olimpiade merupakan sebuah langkah besar. Sebab, hal ini sejalan dengan kebijakan Raja Abdullah yang mendorong wanita untuk lebih berperan aktif di masyarakat, meskipun masih ditentang oleh kelompok religius konservatif. (umi)

4 Pelaku Terorisme Moskow Ternyata di Bawah Pengaruh Obat-Obatan Terlarang
Gedung Kemenkopolhukam

Kemenko Polhukam Susun Rencana Bangun Sistem Pertahanan Semesta di IKN

Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan menggodok rencana membangun sistem pertahanan semesta di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024