Georgia Akan Buka Kedubes di Jakarta

Menlu Georgia Grigol Vashadze dan Menlu RI Marty Natalegawa
Sumber :
  • VIVAnews/Indrani Putri

VIVAnews - Hubungan diplomatik Indonesia dan Georgia akan menginjak tahun ke-20, pada tahun depan. Guna mempertegas komitmen kerjasama, Georgia memutuskan membuka kedutaan besar (kedubes) di Jakarta.

Menurut Menteri Luar Negeri Georgia Grigol Vashadze, kedubes ini akan menjadi kedubes pertama Georgia di kawasan Asia Tenggara. Ada beberapa alasan yang membuat Indonesia menjadi pilihan.

"Indonesia adalah salah satu negara demokrasi terbesar di dunia, dan perkembangan ekonominya juga bagus dilihat dari kontribusinya dalam G20. Selain itu, memiliki kedubes di Jakarta akan bantu memperlancar kerja sama Georgia dengan kawasan Asia," kata Menlu Vashadze di Jakarta, Jumat 29 Juni 2012.

Rencananya, kedubes negara pecahan Uni Soviet ini akan dibuka pada Agustus mendatang. Ini adalah kali pertama Menlu Georgia melakukan lawatan resmi ke Indonesia. Selain untuk formalisasi pembukaan kantor kedubes, Vashadze juga menandatangani lebih dari lima Memorandum of Understanding (MoU) yang siap dirampungkan dengan Indonesia.

"MoU yang ditandatangani di antaranya terkait masalah perpajakan, pembebasan visa dinas dan diplomatik, perlindungan investasi, serta kerja sama lain di bidang perdagangan dan ekonomi," kata Menlu RI Marty Natalegawa. (sj)

5 Motor Vespa Bersolek di Indonesia Fashion Week 2024
Kasus Trabrakan beruntun teejadi di gerbang tol Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur, Rabu 27 Maret 2024.

Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Terancam 4 Tahun Bui

Polisi telah menetapkan sopir truk berinisial MI yang menjadi penyebab kecelakaan beberapa kendaraan di gerbang tol Halim sebagai tersangka.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024