Iran Bantah Terlibat Pengeboman di Bulgaria

Ledakan bus berisi turis Israel di Bulgaria
Sumber :
  • REUTERS/Bulphoto Agency/Besove.com

VIVAnews - Pemerintahan Benjamin Netanyahu menuduh Iran berada di balik pengeboman sebuah bus di Bulgaria yang menewaskan enam warga Israel dan seorang warga setempat. Tuduhan ini dibantah oleh Iran yang mengatakan bahwa Israel coba menghancurkan citra mereka.

Diberitakan al-Jazeera, Kamis 19 Juli 2012, bantahan tersebut disampaikan oleh sebuah laman stasiun televisi yang menjadi contong pemerintah. Stasiun televisi itu mengatakan bahwa tuduhan Israel tersebut sangat konyol dan hanya mencari sensasi saja.

Laman tersebut mengatakan bahwa Israel hanya mencoba mendikreditkan Iran dan sekutu-sekutunya, seperti Suriah. Iran mengatakan bahwa mereka juga tidak mendukung aksi terorisme. "Iran mengecam keras semua aksi terorisme," kata pernyataan Iran.
 
Belum ada pernyataan resmi dari pemerintah Iran terkait tuduhan Israel tersebut.

Sebelumnya tuduhan keterlibatan Iran disampaikan oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Ehud Barak. Mereka kompak mengatakan bahwa ini adalah bentuk teror global dari Iran.

"Serangan di Burgas dilakukan oleh Hizbullah yang didukung oleh Iran, al-Qaeda dan jaringan Jihad Islam yang beroperasi secara global," kata Barak.

Penyelidikan atas pengeboman itu masih terus berlangsung. Pemerintah Bulgaria sebelumnya mempublikasikan rekaman CCTV yang memperlihatkan seseorang yang diduga pelaku.

Viral di Media Sosial Tawuran Brutal Antar Pelajar, 3 Pelaku Terancam Hukuman Penjara 10 Tahun

Lelaki berambut panjang yang turut menjadi korban tewas ini memiliki SIM palsu keluaran Michigan, Amerika Serikat, dengan nama Jacque Felipe Martin. Menurut FBI dan CIA, lelaki itu tidak terdaftar di database kependudukan Amerika Serikat. Identitasnya hingga saat ini masih menjadi misteri. (umi)

Ilustrasi pengendara sepeda motor

Akibat Rem Mendadak, Pengendara Motor Tabrak Pikap hingga Terjungkal

Baru-baru ini terjadi di media sosial, sebuah video di media sosial memperlihatkan pengendara motor menabrak sebuah mobil pikap hingga terjungkal.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024