Perang di Suriah Jadi Tontonan Turis Israel

Turis di Dataran Tinggi Golan melihat perang di Suriah
Sumber :
  • REUTERS/Ronen Zvulun

VIVAnews - Wisatawan Israel berduyun-duyun mendatangi Dataran Tinggi Golan. Bercelana pendek dan berkaos oblong, mereka asyik menonton pertempuran di negara tetangga, Suriah.

Diberitakan al-Arabiya, Rabu 25 Juli 2012, atraksi berdarah di Suriah telah menjadi tontonan menarik bagi para turis Israel. Beberapa dari mereka menggunakan teropong untuk melihat kejauhan dan beberapa asyik memotret dengan kameranya.

Di kejauhan, terdengar suara rentetan tembakan dan ledakan bom atau rudal. Beberapa rumah terbakar, asap mengepul dari bawahnya. Rupanya, pemandangan ini menjadi keasyikan tersendiri bagi para turis asal Israel.

Padahal, perang yang menewaskan banyak orang seharusnya tidak jadi tontonan. Menurut data PBB, lebih dari 10.000 orang telah tewas di Suriah. Data aktivis lebih banyak lagi, sekitar 19.000 orang sejak Maret tahun lalu.

Tidak salah jika CBS News menjuluki mereka "turis perang." Bahkan agen pariwisata di Israel telah memasukkan acara "mengamati perang" dalam salah satu agenda dalam jadwal kunjungan mereka.

Perbukitan di Dataran Tinggi Golan yang terletak di perbatasan Israel-Suriah adalah tempat terdekat untuk menyaksikan pertempuran antara pasukan revolusi melawan tentara Bashar al-Assad. Walaupun secara internasional Golan dikenal sebagai wilayah Suriah, namun Israel telah mendudukinya sejak 1967 dan diklaim pada 1981.

Tidak ada larangan dari pemerintah Israel terkait aktivitas para turis di wilayah ini, selama mereka berada di tempat aman di dekat pos militer di desa Buqaata.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Bahkan sebenarnya, aktivitas mereka terinspirasi oleh kunjungan Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak ke wilayah ini beberapa waktu lalu. Dalam siaran televisi yang meliput kunjungan tersebut, terlihat Barak tengah mengamati baku tembak di Suriah, tepatnya di Jobata al-Khashab, seberang perbatasan Israel. (sj)

Anak selebgram Aghnia Punjabi dianiaya

Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting

Anak selebgram Aghnia Punjabi diduga dianiaya pengasuh. Wajah anaknya babak belur. Mata kiri lebam, bekas luka di daun telinga, dan bibir juga terluka.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024