Italia Gali Makam Pahlawan Besar Garibaldi

Monumen Giuseppe Garibaldi
Sumber :
  • Wikipedia Common

VIVAnews -- Bagi bangsa Italia Giuseppe Garibaldi adalah pahlawan besar yang berjasa menyatukan negara tersebut. Ia juga dijuluki "Pahlawan Dua Dunia" karena petualangan militernya di Amerika Selatan dan Eropa.

Namun misteri melingkupi kematiannya. Italia memutuskan untuk menggali makam Garibaldi, untuk mengakhiri keraguan soal di mana sesungguhnya jenderal dan politisi besar itu dimakamkan.

Penggalian akan dilakukan pada September 2012 mendatang, setelah keturunan Garibaldi mengatakan bahwa nisan bertulis nama sang patriot mungkin tak berisi jasadnya. Apalagi, makam di sebuah pulau dekat Sardinia itu telah dirusak.

Pihak berwenang mendapatkan izin untuk penggalian setelah Menteri Kebudayaan, Lorenzo Ornaghi mendukung permintaan keluarga Garibaldi. Makam di Pulau Caprera, lepas pantai utara Sardinia itu akan dibuka.

"Ini mungkin satu-satunya cara untuk mengetahui apa yang terjadi padanya, untuk menguak kebenaran. Bagi saya, ini sangat penting," kata cucu Garibaldi, Anita Garibaldi, seperti dimuat BBC.

"Jika memang ia ada di sana, makamnya layak dipertahankan di masa depan. Tapi jika sebaliknya, dia tak ada di sana, mungkin kita harus menghentikan kebohongan pada wisatawan yang datang ke sana. Juga menghentikan perdebatan apakah di sana ada Garibaldi atau tidak."

Lahir pada tahun 1807, Garibaldi menjadi komandan pasukan militer di pertengahan abad ke-19, yang berujung pada penyatuan Italia -- yang selama berabad-abad terbelah menjadi sejumlah negara merdeka dan sering dikuasai kekuatan asing -- di bawah Raja Victor Emmanuel II.

Ia menjadi tokoh yang dipuja dan dikagumi di Italia. Sebagai bentuk penghormatan, patung-patungnya dan sejumlah nama jalan di seantero Italia menyandang namanya.

Sebelum meninggal, Garibaldi ingin dimakamkan secara sederhana dan dikremasi, namun keinginannya diabaikan. Tubuhnya dibalsem.

Jika tes DNA membuktikan, Garibaldi memang ada di makam Caprera, itu mungkin akan memicu perdebatan, apakah jasadnya lebh baik dipertahankan dalam kondisi dibalsam, atau mengabulkan keinginan terakhirnya itu.

Kasus Konten Bohong dr Richard Lee: Hotman Paris Ungkap Fakta Mencengangkan!
Timnas Indonesia U-23

Cara Nonton Timnas Indonesia U-23 Vs Guinea di Playoff Olimpiade 2024

Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Guinea pada laga playoff Olimpiade 2024 di Clairefontaine, Paris, Prancis, Kamis 9 Mei 2024. Ini cara nonton Timnas Indonesia U-23

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024