Veteran Perang Israel Pelaku Bakar Diri Tewas

JANGAN DIPAKAI
Sumber :
  • REUTERS/ Ben Kelmer

VIVAnews -- Pada Minggu 22 Juli 2012 di Israel, seorang pria berkursi roda yang lumpuh menyiramkan minyak tanah ke sekujur tubuh, kemudian menyulutnya dengan api di stasiun bus di Kota Yehud. Orang-orang yang lewat sontak sibuk, berusaha memadamkan api dengan air dalam botol dan alat pemadam kebakaran. Namun terlambat, 70 persen tubuhnya terlanjur terbakar.

Rizky Nazar Angkat Bicara Soal Dugaan Selingkuh, Beberkan Hal Ini

Diduga, ia nekat akibat tekanan ekonomi. Seperti dimuat CNN, Kamis 2 Juli 2012, pria 45 tahun itu akhirnya tewas setelah beberapa hari mendapatkan perawatan intensif. Demikian disampaikan juru bicara  Sheba Medical Center di Tel Aviv.

Pria yang diketahui bernama itu sebelumnya menderita luka parah dua dekade lalu saat ia bertugas di angkatan bersenjata Israel. Veteran perang itu menghabiskan waktu empat bulan dalam kondisi koma di Beer Sheva Medical Center saat ia berusia 23 tahun.

Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berpikir Panjang

Ia sebenarnya akan menikahi gadis pujaannya beberapa bulan sebelum ia terluka dalam kecelakaan, menurut media lokal, pernikahan itu akhirnya dibatalkan.

Mafa'i adalah orang ke dua yang tewas akibat aksi bakar diri di Israel dalam waktu kurang satu minggu.

Sebelumnya, , melakukan aksi bakar diri dalam aksi demonstrasi di Tel Aviv 14 Juli 2012. Ia meninggal dua minggu kemudian.

Menurut media lokal, Silman meninggalkan catatan terakhir yang menuduh pemerintah Netanyahu konservatif "mengambil dari orang miskin dan memberi kepada orang kaya."

Gerakan protes sosial di negara zionis itu makin marak paska demonstrasi yang dilakukan musim panas tahun lalu, yang dipimpin kelas menengan Israel, untuk memprotes melonjaknya biaya hidup.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mendeskripsikan aksi bakar diri itu sebagai hal yang tragis. Insiden yang tak lazim terjadi di Israel, yang biasanya demnstrasi hanya sebatas teriakan protes dan caci maki.

Di Jazirah Arab, aksi bakar diri seorang tukang sayur muda asal Tunisia, Mohamed Bouazizi pada Desember 2010 melecut protes dan semangat revolusioner Arab. Sejumlah pemerintahan jatuh karenanya, di antaranya Presiden Tunisia Zine El Abidine Ben Ali, Hosni Mubarak di Mesir, dan Moammar Khadafi di Libya.

Tindakan nekat tersebut lebih marak dilakukan di Asia, khususnya di Tibet yang menginginkan otonom dari China. Sebanyak 44 warga Tibet, sebagian besar adalah biksu membakar dirinya sejak 2009.

Di Eropa, pengusaha asal Yunani, Apostolos Polyzonis juga menyulut api ke tubuhnya sendiri September tahun lalu akibat putus asa dan marah atas krisis utang yang membelit negara dan dirinya sendiri.

Untung ia sempat diselamatkan. "Saat itu, aku melihat hidupku tak lagi berarti. Aku sungguh tak peduli, apakah aku akan hidup atau mati," kata pria 55 tahun itu.

Terpopuler: Tentang Nafkah Anak Laki-laki yang Sudah Baliqh sampai Masalah Obat Kuat
Parto Patrio

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Round-up dari kanal Showbiz pada Kamis, 26 April 2024. Salah satunya tentang sakit yang diidap Parto hingga harus dilarikan ke rumah sakit.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024