Ibu Penembak Kuil Sikh: Saya Minta Maaf

Wade Michael Page, pelaku penembakan di kuil Sikh
Sumber :
  • CNN| myspace

VIVAnews - Siapa pelaku yang memuntahkan peluru di dalam kuil Sikh hingga merenggut enam nyawa, telah diketahui. Ia adalah Wade Michael Page, eks serdadu bermasalah, pemain band punk, dan tergabung dalam kelompok neo-Nazi Skinhead.

Page telah tewas ditembus timah panas polisi saat melakukan aksinya. Kematiannya meninggalkan teka-teki, apa yang membuatnya tega melakukan tindakan keji itu. Juga seorang ibu yang hatinya terluka.

Laura Lynn tak pernah menyangka, putra kecilnya berubah menjadi sosok pembunuh kejam. Ia mengaku sudah lama tak berkomunikasi dengan anaknya itu, sejak bercerai dengan suaminya, Jesse Alvin Page. Kabar putranya tewas bahkan ia dapatkan dari sebuah koran.

"Dulunya ia anak yang sangat berharga, itu saja yang bisa saya katakan. Dia senang bermain seperti laiknya anak kecil. Bicaranya santun, anak lelaki yang lembut," kata dia kepada MailOnline, seperti dimuat Daily Mail.

Lynn mengaku tak tahu, apakah anaknya berubah drastis gara-gara bergabung dalam kemiliteran. Sebab, mereka putus kontak selama 12 tahun. Kini ia hanya bisa minta maaf.

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

"Simpati saya tujukan pada mereka yang kehilangan orang-orang tercinta. Hanya itu yang bisa saya katakan, saya minta maaf."

Wade Michael Page ditendang dari dinas kemiliteran pada 1998, setelah enam tahun bertugas sebagai pereparasi sistem misil di Fort Bliss, Texas dan Fort Bragg. Dia diberhentikan dengan tidak hormat akibat mabuk saat bertugas dan meninggalkan kerja tanpa izin. Pangkat Page diturunkan, dari sersan menjadi spesialis. Ia juga dianggap tak memenuhi syarat untuk kembali berdinas. Belum ada keterangan resmi soal ini dari pihak militer.

Page masuk dalam radar Anti-Defamation League atau kelompok anti kebencian sejak tahun 2000, saat ia kali pertama muncul dalam kelompok musik yang menonjolkan supremasi kulit putih. Beberapa saksi bahkan mengaku melihat tato 9/11 di tubuhnya yang penuh rajah.

Page  tiba-tiba menyeruak masuk ke dapur Kuil Sikh di Winconsin, di pinggiran kota Milwaukee, AS, pada pukul 10.30, Minggu 5 Agustus 2012 waktu setempat. Lalu melepas tembakan.

Enam orang tewas seketika, yakni Bhai Seeta Singh, 41, Bhai Parkash Singh, 39, Bhai Ranjit Singh, 49, Satwant Singh Kaleka, 62, Subegh Singh, 84, Parmjit Kaur Toor, 41.

Sementara dua korban lain masih dirawat di rumah sakit, termasuk Bhai Punjab Singh, yang kondisinya sangat kritis. (umi)

Chandrika Chika

Polisi Serahkan Selebgram Chandrika Chika ke BNNK Jaksel soal Kasus Narkoba, Mau Rehab?

Sebelumnya, Keluarga Chandrika Chika menyambangi Polres Metro Jakarta Selatan untuk menjenguk sang putri, pada Rabu malam 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024