DUNIA

9-8-1945: Bom Atom Hancurkan Nagasaki

Ini serangan pamungkas AS dalam mengakhiri Perang Dunia Kedua

ddd
Kamis, 9 Agustus 2012, 09:13
Ledakan bom atom di Hiroshima (kiri) dan Nagasaki (kanan) pada 1945
Ledakan bom atom di Hiroshima (kiri) dan Nagasaki (kanan) pada 1945 (Wikimedia Commons / Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 Unported)

VIVAnews - Pada 67 tahun lalu, Amerika Serikat kembali menjatuhkan bom atom di wilayah Jepang, kali ini di Kota Nagasaki. Bom pemusnah massal itu dijatuhkan selang tiga hari setelah AS menghancurkan Hiroshima dengan senjata yang sama.

Menurut stasiun berita BBC, bom yang dijatuhkan oleh pesawat B29 Superfortress meledak pada pukul 11.02 waktu setempat. Bom itu meledak di ketinggian 500 meter dari permukaan tanah dan, seperti di Hiroshima, memusnahkan hampir seluruh Nagasaki, kota yang terletak di Pulau Kyushu, Jepang bagian barat.

Serangan itu diumumkan oleh Jenderal Carl Spaatz, Panglima Strategis Angkatan Udara AS di Pasifik. "Penggunaan bom atom untuk kali kedua terjadi siang hari pada 9 Agustus 1945 di Nagasaki," kata Spaatz.

Menurut penerbang AS yang berada cukup jauh dari Nagasaki, asap kebakaran akibat ledakan bom atom membumbung ke langit hingga di ketinggian 15.240 meter. Nagasaki dipilih menjadi sasaran karena dipandang sebagai kota pelabuhan yang strategis bagi akses ke dan dari Shanghai, China.

Sebanyak hampir 74.000 warga Nagasaki tewas seketika dan puluhan ribu lain luka-luka. Berjuluk "Fat Man," bom atom seberat 4.050 kg itu berdaya ledak 22 kiloton TNT.

AS kembali menghantam Jepang dengan bom atom di Nagasaki lantaran Kaisar Hirohito saat itu belum juga memerintahkan militernya agar menyerah tanpa syarat. Itulah sebabnya, setelah tragedi di Hiroshima dan Nagasaki, pesawat-pesawat AS menjatuhkan jutaan selebaran dalam bahasa Jepang. Isinya, ancaman akan ada bom atom lagi bila Jepang belum juga menyerah.

Dua kali dijatuhi bom atom dan setelah muncul pernyataan perang dari Uni Soviet, Kekaisaran Jepang pada 15 Agustus 1945 akhirnya menyerah tanpa syarat kepada pasukan Sekutu pimpinan AS. Perang Dunia Kedua pun berakhir.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id