Pemberontak Klaim Tembak Jatuh Jet Suriah

Pesawat MiG-21 milik Angkatan Udara India
Sumber :
  • wikipedia.org

VIVAnews - Pemerontak di timur Suriah mengklaim telah menembak jatuh jet tempur milik pemerintah pada Senin, 13 Agustus 2012. Seperti dilansir kantor berita Reuters, salah seorang aktivis anti Presiden Suriah Bashar al-Assad mengunggah video di YouTube yang diklaim diambil di Kota Mohassen.

Video tersebut memperlihatkan jet tempur melintasi langit di tengah rentetan tembakan. Tiba-tiba jet terbakar, mulai berputar-putar serta meninggalkan jejak asap.

"Tuhan Maha Besar! Sebuah jet tempur MiG ditembak jatuh di Kota Mohassen," teriak aktivis tersebut.

Meski demikian, video tersebut tak memperlihatkan indikasi apakah jet terkena tembakan pemberontak atau misil anti-pesawat. Selain itu, tanggal dan lokasi video tersebut sulit untuk diverifikasi.

Cekcok Hebat dan Bergumul di Kamar, Suami Sadis Ini Tega Bunuh Istri Pakai Obeng

Namun, salah seorang sumber dari pihak oposisi yang bekerjasama dengan pemberontak di wilayah tersebut mengatakan kepada Reuters bahwa pemberontak menggunakan senjata anti-pesawat.

"MiG-21 ditembak jatuh oleh senjata anti-pesawat 14,5, yang terbesar di gudang senjata pemberontak. Pesawat terbang terlalu rendah dan dalam jangkauan. Kami tidak memiliki informasi apakah pilot selamat," kata sumber tersebut.

Jika klaim tembak jatuh benar adanya maka ini menjadi kejadian langka bagi para pemberontak yang persenjataannya minim dibandingkan pasukan Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Berbeda dari pernyataan pemberontak, televisi pemerintah, Syria TV menyatakan bahwa pesawat jatuh karena mengalami masalah teknis saat misi pelatihan rutin.

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!

Adapun kantor berita pemerintah, SANA, melaporkan bahwa pilot berhasil keluar sebelum pesawat jatuh. Dalam beberapa bulan terakhir, pemerintah Suriah menggunakan kekuatan udara untuk melawan pemberontakan yang telah berlangsung sekitar 17 bulan.

(Tengah) Anggota Komisi C DPRD DKI, Esti Arimi Putri

Legislator Soroti Daya Beli Gen Z di Jakarta, Bisa Berkontribusi Besar Kendalikan Inflasi

Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta, Esti Arimi Putri menilai pentingnya upaya pemberdayaan daya beli terhadap semua golongan demi mengendalikan inflasi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024