Demi Korban Gempa Iran, AS Cabut Sanksi

Anak-anak korban gempa di Iran bagian barat laut 13 Agustus 2012
Sumber :
  • REUTERS/Farshid Tighehsaz/ISNA

VIVAnews - Pemerintah AS mencabut sementara sebagian sanksi keuangan atas Iran. Pencabutan ini untuk membantu para lembaga swadaya masyarakat (LSM) asal Amerika untuk menyalurkan bantuan dana kepada Iran dalam membantu para korban gempa bumi beberapa waktu lalu.

Menurut stasiun berita BBC, AS hingga kini membolehkan bantuan pangan dan obat ke Iran atas pertimbangan kemanusiaan. Namun bantuan keuangan masih dilarang. Padahal bantuan dana sangat diperlukan karena lebih cepat sampai dan bisa segera dipakai untuk membeli kebutuhan pokok bagi para korban gempa yang kehilangan tempat tinggal.

Atas desakan kalangan LSM Amerika dan para aktivis asal Iran, Departemen Keuangan AS pada Selasa waktu setempat, untuk sementara, mencabut sebagian sanksi keuangan atas Iran. Namun, pengecualian itu hanya berlaku bagi LSM Amerika yang menyalurkan dana untuk korban gempa di negara itu.

Menurut Departemen Keuangan AS, pencabutan sanksi itu hanya berlaku 45 hari hingga 5 Oktober 2012. Setiap lembaga hanya boleh mengirim dana ke Iran paling banyak US$300.000, lebih dari itu harus ada izin khusus dari pemerintah AS.

Selain itu, aliran dana dari LSM Amerika tidak boleh diterima oleh pihak-pihak yang terkait dengan Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC). IRGC merupakan organisasi militer dan politik terbesar di Iran, yang juga memiliki kepentingan ekonomi dan komersil.  

Terjadi pada Sabtu, 11 Agustus 2012, gempa bumi dahsyat menghancurkan enam desa di Iran bagian barat laut. Sedikitnya 300 orang tewas dan sekitar 3.000 orang luka-luka. Ini merupakan bencana terbesar bagi Iran dalam kurun sembilan tahun terakhir. Pada 2003, gempa dahsyat menghancurkan Kota Bam dan menewaskan 25.000 orang.

Dalam beberapa tahun terakhir, AS menjatuhkan sanksi ekonomi dan keuangan atas Iran terkait soal kepemilikan teknologi senjata nuklir. Iran berkali-kali menyatakan teknologi nuklir mereka hanya untuk kepentingan riset ilmiah dan pembangkit listrik. Namun AS dan negara-negara lain khawatir teknologi nuklir itu bisa disalahgunakan Iran menjadi senjata pemusnah massal.

Banyak Pasien Berobat ke Luar Negeri, Rumah Sakit di Indonesia Kini Dibuat Layaknya Hotel Bintang 5
Konversi motor BBM menjadi motor listrik.

Kementerian ESDM Ajak Masyarakat Konversi Motor BBM ke Listrik Gratis, Begini Caranya

Masyarakat pengguna kendaraan motor beroda dua yang berbahan bakar minyak (BBM) bisa melakukan konversi menjadi motor listrik secara gratis.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024