Meriam Bau, Senjata Ampuh Israel Atasi Demonstran

Semprotan air bau oleh tentara Israel terhadap demonstran Palestina
Sumber :
  • REUTERS/Ammar Awad/Files

VIVAnews - Tentara Israel punya senjata ampuh untuk mengusir demonstran Palestina, yaitu dengan meriam super bau busuk. Israel berdalih, semprotan bau ini untuk meminimalisir kekerasan. Tapi tentu saja tidak yang percaya alasan negara zionis ini.

Diberitakan Al-Arabiya awal pekan ini, Israel menyebut semprotan ini sebagai "skunk" alias sigung, binatang mamalia yang menyemprotkan bau. Cairan skunk ditempatkan di tangki besar di sebuah mobil lapis baja dan disemprotkan dengan meriam.

Jika terkena semprotan ini, dijamin tidak akan ada sabun yang bisa menghilangkan baunya. Seorang demonstran Palestina yang pernah disemprot cairan ini mengatakan, baunya luar biasa busuk dan tidak hilang berhari-hari.

"Baunya seperti mayat dan makanan yang membusuk, tidak ada sabun atau parfum yang bisa menghilangkannya. Akibatnya, tidak ada teman yang mendekati saya selama berhari-hari," kata Muad Tamimi, pemilik pom bensin di Nabi Saleh, Tepi Barat.

Cairan skunk dibuat oleh sebuah perusahaan swasta di Israel dan digunakan tentara sejak tahun 2008. Skunk terbuat dari baking powder yang dipermentasi, ragi dan bahan-bahan lainnya yang dirahasiakan. Skunk tidak menimbulkan efek buruk bagi kesehatan, mungkin hanya berdampak pada rasa percaya diri.

Tentara Israel berdalih, skunk dibuat untuk meminimalisir kekerasan dalam mengatasi demonstrasi. Namun, tidak ada warga Palestina yang setuju. Mereka mengatakan, skunk dijadikan kedok dari kekerasan tentara Israel yang telah menewaskan belasan demonstran.

"Mereka pikir mereka pintar dengan menciptakannya. Pada akhirnya, mereka tetap menggunakan gas air mata, peluru dan mendobrak rumah-rumah kami, seperti biasanya," kata seorang bocah demonstran yang kerap melempari tentara zionis dengan batu.

Menurut B'Tselem, organisasi HAM Israel, sebanyak 17 warga sipil Palestina terbunuh dalam demonstrasi sejak tahun 2004. Puluhan lainnya terluka.

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan
Nurul Ghufron diperiksa Dewas KPK

MAKI Kirim Surat ke Nurul Ghufron, Minta Bantuan Mutasi ASN di Papua ke Jawa

Koordinator MAKI Boyamin Saiman mengirimkan sebuah surat kepada Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron meminta bantuan mutasi ASN dari Papua ke Jawa

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024