Gempa 7,9 SR Guncang Costa Rica, Berpotensi Tsunami

Warga Meksiko bertelepon usai diguncang gempa bumi
Sumber :
  • REUTERS/Henry Romero

VIVAnews - Gempa bumi berkekuatan 7,9 skala richter mengguncang perairan Costa Rica pada Rabu, 5 September 2012. Pasca gempa, peringatan tsunami dikeluarkan untuk wilayah Amerika Tengah dan Selatan.

Diberitakan CNN, Badan Geologi Amerika Serikat mengatakan, gempa terjadi beberapa saat lalu di perairan Pasifik Costa Rica, sekitar 152 kilometer sebelah barat ibukota San Jose. Diperkirakan gempa terjadi di kedalaman lebih dari 45 kilometer.

Reuters menuliskan, gempa menggoyang gedung-gedung di San Jose dan menyebabkan mati listrik di beberapa wilayah ibukota. Belum diketahui kerusakan yang ditimbulkan.

Peringatan tsunami dikeluarkan oleh Pusat Tsunami pasifik untuk wilayah Amerika Tengah dan Selatan, termasuk di antaranya kepulauan Karibia, Brasil dan Meksiko. "Gempa sebesar ini berpotensi menimbulkan tsunamiĀ  yang merusak, berdampak pada wilayah Karibia," tulis pernyataan pemerintah Amerika.

Chandrika Chika Terjerat Kasus Narkoba, Terkena Kutukan Podcast Deddy Corbuzier?
Dr. BRA. Mooryati Soedibyo

Terpopuler: Beda Sikap Ria Ricis-Teuku Ryan Perlakukan Orang Tua, Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia

Berikut deretan 4 rangkuman artikel terpopuler kanal Showbiz VIVA.co.id dalam Round Up sepanjang edisi Rabu 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024