Pentagon Usul 66 Negara Boleh Beli Pesawat Drone

Pesawat mini nirawak (drone) buatan AS Global Hawk
Sumber :
  • REUTERS/U.S. Navy

VIVAnews - Departemen Pertahanan AS (Pentagon) menyusun daftar 66 negara yang diperbolehkan membeli pesawat nirawak buatan AS, yang berjuluk drone. Namun daftar masih harus disetujui lagi oleh Departemen Luar Negeri dan Kongres AS.

Menurut kantor berita Reuters, kebijakan Pentagon itu diungkapkan oleh seorang pejabat senior Departemen Pertahanan AS di Washington DC, Rabu waktu setempat. Dia adalah Richard Genaille, deputi direktur Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan di Pentagon saat berbicara di konferensi industri ComDef 2012. 

Genaille mengungkapkan bahwa sejak tahun lalu pihaknya sudah menyusun negara mana saja yang boleh membeli drone. Bisa dikendalikan jarak jauh, pesawat mini itu berguna untuk tugas-tugas khusus - seperti pengintaian dan pengeboman terbatas. Namun, Genaille tidak bersedia mengungkapkan negara mana saja yang masuk daftar.   

Kepala Eksekutif Korporat Northrop Grumman, Wes Bush, menyambut baik inisiatif Pentagon dalam mengekspor drone, yang mereka produksi, dalam menggenjot ekspor senjata. Namun, keputusan ini belum mendapat restu dari seluruh pihak yang terkait. "Saya harap isu ini bisa diselesaikan dengan lancar. Memang isu ini berjalan lambat, namun kami sudah berada di jalur yang tepat," kata Bush. 

Kalangan eksportir alat-alat pertahanan dan persenjataan Amerika pun mengeluhkan rumitnya peraturan dari pemerintah dalam mengekspor produk-produk mereka ke luar negeri. Situasi ini akhirnya dimanfaatkan para kompetitor mereka di negara-negara lain.

Sebagai produsen drone, Northrop Grumman, mengungkapkan larangan dari pemerintah AS soal ekspor produk andalan mereka, yaitu pesawat pengintai Global Hawk. Mampu beroperasi di ketinggian yang sangat tinggi, Global Hawk menjadi andalan bagi pihak militer dan intelijen AS dalam misi-misi pengintaian di Afganistan dan wilayah-wilayah operasi lain.

Jepang, Singapura, dan Australia dikabarkan tertarik untuk mendapatkan Global Hawk, ungkap juru bicara Northrop Grumman tahun lalu. Namun, belum ada lampu hijau dari pemerintah AS untuk bisa mengekspor drone ke mancanegara. 

 




Viral Obrolan Lawas Billy Syahputra dengan Chandrika Chika, Ibunya Singgung Soal Narkoba
Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Gibran, Nusron Wahid.

Golkar Terbuka Jika Jokowi-Gibran Mau Gabung: Amin, Kami Anggap Doa

Politikus Partai Golkar, Nusron Wahid mengaminkan jika Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Gibran Rakabuming Raka bergabung ke Partai Golkar.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024