DUNIA

Kartun Nabi Muhammad di Majalah Gemparkan Perancis

Sosok yang dianggap Muhammad tampil di sampul majalah Charlie Hebdo.

ddd
Rabu, 19 September 2012, 20:10
Aksi Demo menentang film
Aksi Demo menentang film (VIVAnews/Anhar Rizki Affandi)

VIVAnews - Kontroversi film "Innocence of Muslims" yang menghina Nabi Muhammad masih menimbulkan suasana panas di sejumlah negara, terutama negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Tapi, sebuah majalah di Perancis malah menambah panas suasana dengan menampilkan figur Nabi Muhammad dalam bentuk kartun.

Mengutip laman CNN, majalah Charlie Hebdo mempublikasi figur Nabi Muhammad, yang sontak menggemparkan Perancis. Meski begitu, direktur majalah itu, Stephane Charbonnier, mengatakan majalah mereka hanya melakukan bentuk kebebasan berekspresi.

"(Kami) tidak menyiram benisn ke kobaran api," ucap Charbonnier. "Hanya untuk mengomentari berita itu dalam cara yang satir," lanjutnya.

Charbonnier pun menjelaskan mengapa kartun itu ditayangkan. "Yang menjadi berita di minggu ini adalah Muhammad dan film itu. JAdi kami menggambar kartun mengenai subjek tersebut," ucapnya. "Ini seperti meledek penggambaran yang ada di film itu ketimbang melecehkan Muhammad," lanjut Charbonnier.

Tentu "film payah" yang dimaksud Charbonnier adalah "Innocence of Muslims". Dampak dari film itu sendiri adalah aksi protes yang berujung kekerasan. Bahkan Duta Besar Amerika Serikat untuk Libya, Christopher Stevens, tewas saat menjadi korban amuk massa yang memprotes film tersebut.

Sedangkan jurnalis Charlie Hebdo, Laurent Leger, mengatakan kartun di majalah itu memperlihatkan lelaki muslim dan ekstrimis muslim. Tapi kartun itu tidak menyebut secara eksplisit bahwa itu adalah Nabi Muhammad. Menurutnya, interpretasi terhadap kartun itu bersifat terbuka.

"Tujuannya adalah untuk lelucon. Kami ingin menertawakan para ekstrimis, semua ekstrimis. Mereka bisa saja muslim, yahudi, katolik. Semua bisa menjadi religius, tapi pikiran ekstrimis dan tindakannya tidak bisa diterima," ujar Leger.

Leger kemudian melanjutkan, Perancis menjamin kebebasan untuk menulis dan menggambar. "Dan jika sebagian orang tidak senang dengan ini, mereka bisa menuntut kami dan kami akan membela diri. Itu demokrasi. Anda tidak bisa melempar bom, Anda bisa berdiskusi, bisa berdebat. Tapi Anda tak bisa lakukan kekerasan. Kami harus tegas dan melawan tekanan para ekstrimis," tutur Leger.

Provokasi Baru

Menanggapi ini, Presiden Dewan Kepercayaan Muslim, Mohammed Maousoui, mengatakan kartun itu merupakan bentuk penghinaan terhadap Nabi Muhammad. Dia pun menyebut itu sebagai "provokasi baru".

Polisi setempat pun sudah mengantisipasi hal buruk dengan menjaga kantor Charlie Hebdo. Sebelumnya, kantor Charlie Hebdo pernah diserang saat menampilkan halaman depan yang menghina hukum Islam.

Sedangkan Perdana Menteri Perancis Jean-Marc Ayrault mengatakan kebebasan berpendapat menjadi prinsip dasar Perancis. Meski begitu, dia mengingatkan ada semangat tanggung jawab yang diemban masing-masing pihak.

Di luar Perancis, Perancis pun menambah jumlah pasukan keamanan yang menjaga kedutaan besar mereka. CNN pun mengabarkan bahwa Perancis siap menutup kedutaan besar dan sekolah di 20 negara. Tapi belum diketahui negara mana saja yang dimaksud.

"Saya menentang semua provokasi, terutama di periode sensitif seperti ini. Saya tak melihat ada manfaatnya provokasi semacam itu," ujar Menteri Luar Negeri Perancis Laurent Fabius. "Memang harus ada kebebasan berpendapat, tapi saya menentang semua bentuk provokasi," ujarnya.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
soebandrio
20/09/2012
hehe..paling dia bikin supaya majalahnya laku, mumpung isu film masih hangat. cuma pingin tahu, bikin kartun mencela agama boleh, tapi kenapa di eropa kalau bikin kartun mencela holocaust dan antisemit langsung ditangkap??..katanya kebebasan pers, idih...
Balas   • Laporkan
crosssafir | 02/11/2012 | Laporkan
gak ngefek... SEBUTLAH NAMA-NAMA TUHAN-MU YANG MAHA MULIA DAN AGUNG... pantaskah DIA dipernakkan... pantaskah DIA punya putra... pantaskah DIA sama dengan mahluknya dan terkukungkung alam dan waktu yang DIA buat... (aku mencari jalan???)
mahadewa
20/09/2012
ISLAM ANTI USA, ISLAM ANTI YAHUDI, ISLAM ANTI KRISTEN, ISLAM ANTI BUDHA, ISLAM ANTI HINDU,ISLAM ANTI KONG HU CHU, ISLAM ANTI KHATOLIK ISLAM ANTI CHINA, ISLAM ANTI EROPA, ISLAM ANTI SEMUA NYA...ADA BAIKNYA TINGGAL DI MARS SAJA...
Balas   • Laporkan
crosssafir | 02/11/2012 | Laporkan
ISLAM anti sama PRNGHINA TUHAN!!!! pantaskah DIA dipernakkan... pantaskah DIA punya putra... pantaskah DIA sama dengan mahluknya dan terkukungkung alam dan waktu yang DIA buat... (aku juga masih mencari jalan???)
ricars | 01/11/2012 | Laporkan
rekan mahadewa, ... anda benar2 tidak mengerti Islam ...
bottjar | 25/10/2012 | Laporkan
dalam agam islam tidak di ajarkan untuk bermusuhan... kami di ajarkan untuk saling toleransi..... tpi kami tidak akan membiarkan seseorang atau komunitas menghina agama kami.... kami rela mati demi islam
dyr.saja
20/09/2012
Dan jka kamu memberikan balasan, maka balaslah dgn balasan yg sama dengan siksaan yg ditimpakan kepadamu. Akan tetapi jika kamu bersabar,sesungguhnya itulah yg lebih baik bagi orang2 yang sabar.(Qs;An Nahl 126) ketika Hamzah bin abd muthalib wafat dibunuh
Balas   • Laporkan
ricars | 01/11/2012 | Laporkan
... dari semua komen, ... ini komen paling benar ...
dyr.saja | 20/09/2012 | Laporkan
Ketika Rasulullah melihat keadaan tubuh pamannya Hamzah bin Abdul Muthalib, Beliau sangat marah dan Allah menurunkan firmannya
maafdewa
20/09/2012
Hanya orang bodoh yang kekasih tuhannya dihina lalu pengikutnya diam saja. Hancurkan para musuh kita. mereka telah kurang ajar menghina agama kita. mereka telah mennyulutkan api kemarahan.
Balas   • Laporkan
kang_bagus | 21/09/2012 | Laporkan
hanya orang yang berpendapat seperti itu. masih banyak cara untuk menunjukkan protes yang lebih pintar....
damnjazu | 20/09/2012 | Laporkan
oke boleh saja asal jgan balas sembarang orang yaa.. mereka yang menghina kan cuman segelintir orang saja.
joecy
20/09/2012
GAMPANG MARAH SIH..., JADI PADA DEMEN NGELEDEKIN TUH!, MAKANNYA JANGAN SEPERTI ANAK KECIL... JENGGOT!
Balas   • Laporkan
crosssafir | 02/11/2012 | Laporkan
yg usil dan yg cari keusilan... emang anak kecil... (anak kecil yg tdk punya dosa keturunan) marah... wajar manusia gitu loh...
meleko.matamu.cuk | 20/09/2012 | Laporkan
GAMPANG USIL SIH..., JADI PADA DEMEN NGUMPATIN LU!, MAKANNYA JANGAN SEPERTI ANAK KECIL... JENGGLOT!
wasril
20/09/2012
sebuah peradaban yang landasan peradabannya hanya berujung pada masalah perut, hawa nafsu, mereka hanya memperlihatkan keburukan dari landasan peradaban mereka ,, mari kita melihat, dan anak2 mereka juga melihat dan akan menyadari betpa buruknya peradabam
Balas   • Laporkan
naszek76
20/09/2012
intinya cuma satu... mereka tdk suka melihat perkembangan Islam yg begitu pesat... umat muslim diprovokasi utk berbuat anarkis.. kemudian mereka akan mengatakan bhw Islam adlh agama kekerasan,sumber teroris. pdhl yg teroris adalah mereka sendiri...!!!
Balas   • Laporkan
safiyah
20/09/2012
interpretasi terhadap kartun itu bersifat terbuka. semua ekstrimis. Mereka bisa saja muslim, yahudi, katolik. Semua bisa menjadi religius, tapi pikiran ekstrimis dan tindakannya tidak bisa diterima," ...selama tak menyebutkan nama,kawan2 harap tenang
Balas   • Laporkan
crosssafir | 02/11/2012 | Laporkan
emangnya kartun hidup bisa menjawab semua pertanyaan???? KONYOL...
tubil | 20/09/2012 | Laporkan
penghinaan secara ekspilisit yg akan terus terulang hingga akhir jaman...
junjunanto
20/09/2012
perang dunia ke-3 ??????
Balas   • Laporkan
crosssafir | 02/11/2012 | Laporkan
perang??? gambaran atau kartun dari sejarah menjelaskan BAHWA ITU CUMA SEBUAH PEMBUKTIAN DI DUNIA AJA..
ricars | 01/11/2012 | Laporkan
... mudah2an tidak bro ...
damnjazu | 20/09/2012 | Laporkan
jangan sampe dehh,, makanya lebih baik jgan dibahas lagi deh,,
alessandrolincoln
19/09/2012
Kebebasan Ekspresi dari mana!!!!!! MENGAPA TIDAK KALIAN BIKIN SAJA FILM YANG MENGHINA YESUS KENAPA HARUS AGAMA LAIN!!!! KONTEKSNYA SAMA KEBEBASAN EKSPRESI!!!!
Balas   • Laporkan
tubil | 20/09/2012 | Laporkan
yg mrk anggap tuhan itu sdh ngak perlu lg di buatkan karikaturnya, la wong mrk udah buat patungnya kok dipajang lg...anehnya knp mrk ngak berani ngejelek2in agamnya sendiri yah? malah sibuk ngejek2in agama orang lain...... ngak kepikiran asli...
yesaya | 20/09/2012 | Laporkan
Lho bukankah sdh ada film yg mengatakan Yesus menikah
alessandrolincoln | 20/09/2012 | Laporkan
bukan cuma karikatur,, tapi jg menghina dan fitnah tuh orang yang bikin film....


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com