IMF Isyaratkan Ekonomi Dunia Melemah Lagi

Managing Director IMF, Christine Lagarde
Sumber :
  • REUTERS/Akintunde Akinleye

VIVAnews - Dana Moneter Internasional (IMF) memperingatkan bahwa kemungkinan bakal memangkas lagi proyeksi pertumbuhan ekonomi global. Penurunan itu bisa saja diutarakan saat IMF mengumumkan perkembangan terbaru (update) ekonomi dunia.

Menurut stasiun berita BBC, peringatan itu dilontarkan langsung oleh Direktur Pelaksana IMF, Christine Lagarde. Berbicara di suatu forum di Washington DC pada Senin waktu setempat, Lagarde mengatakan bahwa pertumbuhan global "kemungkinan akan lebih rendah" dari yang diantisipasi.

Pada Juli lalu, IMF memangkas proyeksi pertumbuhan global untuk 2013 menjadi 3,9%. Namun, proyeksi untuk pertumbuhan 2012 saat itu tidak berubah, yakni sebesar 3,5%.

Masalah di zona euro dan kekhawatiran akan ekonomi AS masih menjadi kendala dalam memulihkan kepercayaan investor, kata Lagarde. Padahal kepercayaan ini menjadi salah satu elemen penting dalam membangkitkan kembali ekonomi dunia dari resesi.

Lagarde juga memperingatkan gejala penurunan pertumbuhan ekonomi di negara-negara yang tengah bangkit. Padahal, mereka menjadi andalan bagi terus bergeraknya pertumbuhan ekonomi global saat Eropa dan AS melesu.

"Kami terus memproyeksikan pemulihan secara bertahap, namun pertumbuhan global kemungkinan bakal melemah dari yang kami perkirakan Juli lalu. Proyeksi kami cenderung bergerak turun dalam 12 bulan terakhir," kata Lagarde.

Mantan menteri keuangan Prancis itu menyambut baik langkah-langkah terkini dari sejumlah pemerintah zona euro dan Bank Sentral Eropa (ECB) dalam mengatasi krisis utang di kawasan. Awal September ini, ECB berencana membeli obligasi secara tidak terbatas dari sejumlah negara anggota zona euro yang bermasalah dengan keuangan.

Namun, Lagarde menilai bahwa zona euro masih menjadi "episentrum" krisis. Dia juga meminta AS untuk mencegah memburuknya masalah fiskal di dalam negeri. Berkurangnya anggaran belanja negara dan naiknya pajak di AS justru bisa menciptakan resesi baru dan turut mengganggu ekonomi global.

Riset: Isu Keberagaman, Kesetaraan dan Inklusivitas Masih Jadi Tantangan Perusahaan di Indonesia
Elkan Baggott saat Ipswich TownIn vs Wolves di Piala Liga Inggris

Reaksi Elkan Baggott Usai Ipswich Town Promosi ke Premier League

Elkan Baggott berpeluang tampil di Premier League musim 2024 usai klubnya pswich Town promosi ke kasta teratas sepakbola Inggris.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024