Film Anti-Islam, Taliban Tak Jadi Bunuh Menteri Ini

Anggota Taliban di Afganistan
Sumber :
  • Reuters Photo

VIVAnews -- Tindakan Menteri Perkeretaapian Pakistan, Ghulam Ahmad Bilour, menawarkan hadiah uang tunai US$100 ribu atau Rp950 juta bagi siapa saja yang berhasil membunuh Nakoula Basseley Nakoula alias Sam Bacile, sutradara film "Innocence of Muslims", mendapat reaksi beragam.

Juru Bicara Perdana Menteri Pakistan menegaskan, pernyataan Bilour, sekaligus undangannya pada kelompok Taliban dan Al Qaeda, tidak ada kaitan dengan pemerintah. Bahkan partainya sendiri, Awami National Party -- yang dikenal anti-Taliban, tentu saja tak sepakat.

Sementara, AS dan Uni Eropa mengecamnya dan menyebut ia telah melakukan "tindakan yang tak pantas."

Sambutan baik justru datang dari Taliban. Kelompok militan itu bahkan menghapus nama Ghulam Ahmad Bilour dari daftar orang-orang yang jadi target. Ia tak jadi dibunuh.

"Kami telah sepenuhnya memaafkannya dan menghapusnya dari daftar target kami," kata juru bicara Taliban, Ehsanullah Ehsan.

Ehsan menambahkan, Dewan Syura Taliban, salah satu badan tertinggi telah mengadakan pertemuan Selasa lalu dan "memuji Bilour untuk pengorbanan hartanya demi kepentingan Islam."

Puluhan Orang di Brebes Dilarikan ke Rumah Sakit Diduga Keracunan Makanan

"Memuji pengorbanannya atas sayembara yang ia umumkan," kata Ehsan.

Pernyataan Bilour disampaikan paska Pemerintah Amerika Serikat memperingatkan warganya untuk tak berkunjung ke Pakistan apabila tak ada kepentingan mendesak

"Saya mengumumkan, bagi siapa saja yang bisa membunuh penghujat ini, orang berdosa yang telah berbicara omong-kosong tentang Nabi Muhammad, saya akan membayarnya. Saya juga mengajak saudara-saudara Taliban dan Al-Qaeda untuk bergabung dalam misi ini," kata Ghulam seperti dikutip Reuters.

Secara terpisah, sebah faksi Taliban di Afganistan, Dadullah menawarkan emas seberat 8 kilogram bagi siapapun yang membunuh pembuat film yang dianggap menghina Nabi Muhammad itu.

Sementara, Nakoula Basseley Nakoula kini berada dalam lokasi persembunyian paska meletus kerusuhan yang dipicu cuplikan film berdurasi 14 menit yang tersebar lewat YouTube. Ia juga dilaporkan telah menjual rumahnya.

Sumber: News24, eh

Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan sambut Elon Musk di Bali

Elon Musk Tiba di Bali dan Disambut Menko Luhut

CEO SpaceX dan Tesla Inc Elon Musk tiba di Bali hari ini untuk menghadiri World Water Forum ke-10, sebuah acara global yang membahas isu-isu terkait air dan keberlanjutan

img_title
VIVA.co.id
19 Mei 2024